Capaska Kabupaten Pekalongan Jalani Pemusatan Latihan dan Ikuti Prosesi Tantingan

Capaska Kabupaten Pekalongan
0 Komentar

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pekalongan Membuka Prosesi Tantingan serta Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Bagi Capaska Kabupaten Pekalongan di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Terdapat 27 Capaska Kabupaten Pekalongan yang berhasil melalui proses tahapan seleksi sejak tahun 2022 sehingga bisa mengikuti prosesi Tantingan.

Tantingan adalah sebuah tradisi dalam proses seleksi paskibraka yang bertujuan memastikan kesiapan capaska untuk melanjutkan tahapan selanjutnya. Capaska berasal dari berbagai sekolah SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Baca Juga:Polsek Kandangserang Laksanakan Blue Light Patrol di Desa Karanggondang, Bodas dan GarungwiyoroPolsek Lebakbarang Jalin Silaturahmi dengan Perangkat Desa Mendolo

Saat ditemui, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho menjelaskan bahwa nantinya capaska ini akan menjalani pemusatan pendidikan dan pelatihan sekitar 20 hari untuk kemudian dikukuhkan oleh Bupati Fadia Arafiq yaitu pada tanggal 15 Agustus 2023.

“Hari ini setelah Tantingan, saya juga telah menandai dimulainya pemusatan latihan untuk capaska. Kurang lebih sampai dengan awal Agustus sekitar 20 hari, nanti sesuai jadwal di tanggal 15 adalah pengukuhan,” Tutur Haryanto saat ditemui seusai acara Tantingan.

Haryanto melanjutkan, sesuai dengan aturan yang berlaku bahwa tugas utama capaska setelah dilantik menjadi paskibraka adalah pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus dan juga pengibaran bendera pada peringatan hari lahir pancasila pada tanggal 1 Juni.

Salah satu pelatih capaska Kabupaten Pekalongan dari Kodim 0710/Pekalongan Peltu Aristiawan mengungkapkan beberapa pelatihan yang akan diberikan kepada capaska diantaranya adalah teori Peraturan Baris Berbaris (PBB) sebagai persiapan untuk melaksanakan tugas pengibaran bendera merah putih dan penurunan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus dan juga pengibaran bendera merah putih pada Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Pendidikan dan pelatihan paskibraka ini kita latih PBB untuk persiapan pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus dan pengibaran bendera merah putih pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni,” Ucap Peltu Aristiawan

Para capaska Kabupaten Pekalongan akan menjalani pemusatan pendidikan dan pelatihan setiap harinya di awali apel jam 07.00 di areal Lapangan Alun-alun Kajen yang kemudian disebut sebagai Desa Bahagia. Disitu terdapat tenda untuk sekedar istirahat, setelah selesai mereka akan pulang kerumah masing-masing dan kembali menjalani latihan pada esok harinya.

0 Komentar