6 Tanda Kematangan Emosional, Apakah Kamu Sudah Mencapainya?

Kematangan emosional
Kematangan emosional. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

“Seseorang yang telah mengembangkan kedewasaan emosional yang kuat bersifat fleksibel dan berpikiran terbuka dengan mampu beradaptasi terhadap perubahan,” kata Dr. Lawless. Mereka mampu mempertimbangkan ide-ide yang berbeda dari mereka sendiri, yang meningkatkan kemampuan mereka untuk berkompromi dengan orang lain, tambah Dr. Lawless.

Kamu Dapat Membentuk Hubungan yang Aman dan Sehat

Tanda penting dari kedewasaan emosional adalah kemampuan untuk menjaga hubungan yang sehat dan aman dengan orang lain. Seringkali lebih mudah untuk mendapatkannya pada individu yang telah mengembangkan gaya keterikatan yang aman, kata Sefora Janel Ray, MFT, terapis pernikahan dan keluarga di Therapy to Thrive.

“Keterikatan yang aman mengacu pada rasa kepercayaan, keamanan, dan koneksi yang mendalam yang dikembangkan individu selama tahun-tahun awal mereka melalui pengasuhan yang konsisten dan responsif,” kata Ray. “Ketika aku berpikir tentang kedewasaan emosional, aku melihat hubungannya yang kuat dengan keterikatan yang aman, membentuk landasan bagi hubungan interpersonal yang sehat dan seimbang.”

Baca Juga:Ternyata Ada! Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental2 Cara Ampuh Berhenti Menangis, Bahkan Ketika Kamu Kesulitan Melakukannya

Tentu saja, gaya keterikatan yang aman bergantung pada jenis pengasuhan yang kamu berikan sebagai seorang anak oleh orang tuamu. Untungnya, bagaimanapun, penelitian telah menemukan bahwa adalah mungkin untuk mengembangkan gaya keterikatan yang lebih aman di kemudian hari—sebenarnya, hanya ingin mengembangkan gaya keterikatan yang lebih aman dapat membantumu bergerak ke arah itu.

Kamu Bertanggung Jawab atas Tindakanmu

Orang yang memiliki kematangan emosional mempertimbangkan bagaimana tindakan mereka akan memengaruhi orang lain dan akan bertanggung jawab jika tindakan mereka pada akhirnya menyebabkan kerugian apa pun.

“Mereka yang memiliki kematangan emosional yang tinggi dapat dengan mudah meminta maaf, bertanggung jawab, dan mempertanggung jawabkan tindakannya dengan memahami dan menerima konsekuensinya,” ujar Dr. Lawless. “Selain itu, mereka mengubah perilaku berbahaya karena melihat kesalahan sebagai peluang untuk tumbuh dan belajar.”

Kamu Menetapkan Batasan yang Sehat

Orang yang memiliki kematangan emosional mampu menetapkan dan mempertahankan batasan yang sehat adalah landasan untuk menjadi dewasa secara emosional. Ini berarti bahwa kamu dapat menyatakan batasan emosionalmu kepada diri sendiri dan orang lain, dan bahwa kamu dapat berpegang pada batasan tersebut saat menghadapi konflik.

0 Komentar