Membenci Keluarga Sendiri: 5 Hal untuk Dilakukan Jika Kamu Merasakannya

Membenci keluarga sendiri
Membenci keluarga sendiri. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Tidak semua orang merasakan hubungan dekat dengan keluarga mereka. Dalam beberapa kasus, orang bahkan mungkin berpikir, “Aku membenci keluarga sendiri.” Karena hubungan keluarga sering kali berakar pada pengalaman dan kedekatan bersama, tidak heran jika kadang-kadang bisa penuh.

Joshua Coleman, PhD, seorang psikolog klinis dan penulis When Parents Hurt: Compassionate Strategies When You and Your Grown Child Don’t Get Along menunjukkan bahwa karena masyarakat begitu terfokus pada pengampunan, ketidaksukaan atau keterasingan dari keluargamu hingga membenci keluarga sendiri dapat menimbulkan perasaan rasa bersalah dan malu.

Jadi apa yang harus kamu lakukan jika kamu membenci keluarga sendiri? Mengatasi emosi yang sulit ini mungkin melibatkan usaha untuk memperbaiki hubungan yang rusak, atau mungkin memerlukan pengaturan dan penegakan batasan dengan orang-orang di keluargamu.

Baca Juga:6 Tanda Kematangan Emosional, Apakah Kamu Sudah Mencapainya?Ternyata Ada! Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental

Cara Mengatasi Saat Kamu Membenci Keluarga Sendiri

Bagaimana kamu bisa mengatasi perasaan ini ketika kamu membenci keluargamu? Sangat menantang untuk menghadapi situasi ketika kamu tinggal bersama atau memiliki kontak dekat dengan anggota keluarga yang tidak kamu sukai.

Apakah kamu masih tinggal bersama keluarga atau jika kamu memiliki kontak terbatas, menemukan cara untuk melindungi ruang dan kesejahteraan mentalmu sangatlah penting.

Akui Perasaanmu

Berusahalah untuk menerima apa yang kamu rasakan termasuk membenci keluarga sendiri tanpa menilai diri sendiri atas emosi yang kamu alami. Kamu tidak dapat memilih keluargamu. Jangan menyalahkan diri sendiri karena tidak merasa dekat dengan orang yang tidak kamu sukai. Alih-alih, berusahalah untuk mempraktikkan penerimaan diri dan kemudian tentukan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengelola perasaan ini atau memperbaiki hubungan yang membuatmu tidak bahagia.

Menemukan cara untuk menerima perasaan membenci keluarga sendiri dengan cara yang tidak menghakimi dapat membantu. Menerima emosimu berarti membiarkan dirimu merasakan sesuatu tanpa berusaha menahan atau menyembunyikan emosi, bahkan ketika itu sulit atau menyakitkan. Dengan menerima emosi, kamu dapat menemukan cara yang lebih sehat untuk mengatasi perasaan membenci keluarga sendiri dan mengurangi kecemasan, stres, ketakutan, dan kesedihan yang sering menyertai perasaan tersebut.

0 Komentar