Membenci Keluarga Sendiri: 5 Hal untuk Dilakukan Jika Kamu Merasakannya

Membenci keluarga sendiri
Membenci keluarga sendiri. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Pertimbangkan strategi seperti penerimaan diri, validasi emosional, kesadaran, dan meditasi. Terapi juga bisa sangat berguna untuk mengeksplorasi perasaanmu.

Putuskan Bagaimana Melanjutkan

Tidak setiap hubungan dapat diselamatkan atau bahkan layak dipertahankan. Ada kalanya perlakuan anggota keluarga bisa langsung berbahaya, seperti dalam kasus di mana ada pelecehan atau di mana anggota keluarga membencimu atau orang yang dicintai karena orientasi seksual, ras, atau agama. Dalam kasus ini, seringkali penting untuk memutuskan hubungan sementara atau permanen dengan individu tersebut.

Jika kamu masih tinggal bersama keluarga, langkah ini seringkali memerlukan perencanaan dan pertimbangan praktis. Keuangan, perumahan, perpindahan, dan faktor-faktor lain adalah semua hal yang perlu kamu rencanakan jika kamu ingin membuat pemisahan fisik dan mendapatkan privasi dan kemandirian yang lebih besar.

Perbaiki Hubungan

Baca Juga:6 Tanda Kematangan Emosional, Apakah Kamu Sudah Mencapainya?Ternyata Ada! Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental

Menyembuhkan hubungan tidak sehat dengan anggota keluarga juga merupakan pilihan. Ini adalah langkah yang dapat kamu ambil jika hubungan itu penting bagi dirimu dan kamu merasa bahwa kepercayaan, komunikasi, dan perasaan positif dapat dibangun kembali.

Ini adalah langkah yang membutuhkan partisipasi semua orang yang terlibat. Jangan biarkan dirimu merasa tertekan untuk mengubur perasaan membenci keluarga sendiri atau berdamai dengan orang lain jika kamu belum siap.

Menurut penelitian oleh Stand Alone, sebuah organisasi Inggris yang mendukung orang dewasa yang terasing dari keluarganya, memiliki waktu untuk memproses emosi yang menyakitkan sangatlah penting. Daripada menekan orang-orang yang mungkin diasingkan, mungkin lebih baik membiarkan mereka memiliki waktu dan ruang untuk sembuh sebelum mencoba rekonsiliasi.

Jika kamu tertarik untuk merasa lebih baik tentang perasaan membenci keluarga sendiri dan hubunganmu secara luas dengan anggota keluarga, pertimbangkan untuk meminta mereka mencoba terapi keluarga. Dengan bekerja sama dengan seorang terapis, kamu mungkin dapat meningkatkan komunikasi dan mendapatkan wawasan yang dapat membantumu merasa lebih baik tentang hubungan yang kamu miliki dengan mereka.

Tetapkan Batas

Memiliki batasan yang jelas dengan anggota keluarga yang menyebabkan stres atau tidak puas dapat membantumu lebih eksis sebagai individu dalam unit keluargamu.

0 Komentar