WAJIB Diketahui, 6 Teknik Dasar Berkendara di Jalan Rusak, Cari_Aman dan Keselamatan No 1

Teknik Dasar Berkendara di Jalan Rusak
WAJIB Diketahui, 6 Teknik Dasar Berkendara di Jalan Rusak, Cari_Aman dan Keselamatan Nomor 1. (foto: astra honda jateng)
0 Komentar

3. Air Menggenang Jangan Diterjang, Pelan-pelan Saja

Hal yang perlu diwaspadai oleh para pengendara saat lewati di jalan yang rusak adalah genangan air yang menutupi lubang.

Genangan air tersebut bakal menyebabkan jalanan jadi lebih licin. Imbasnya pada berkurangnya cengkraman traksi ban ke aspal. Perlu dipastikan tetap berkendara dengan speed rendah ketika melewati jalan yang rusak, apalagi yang tergenang air tersebut.

4. Angkat Sedikit Pinggul dari Jok untuk Mengurangi Guncangan

Ketika melewati jalan yang rusak, postur berkendara yang paling baik adalah agak sedikit berdiri atau mengangkat pinggul dari jok motor.

Baca Juga:New Honda Genio Makin Cool dan Tampil Lebih Stylish, dengan Warna dan Stripe Baru yang Mempesona Dibanderol 20 Juta-anDICATAT ! Kades Maju Jadi Caleg 2024 Maka Wajib Mengundurkan Diri

Teknik tersebut sangat berguna, sebab selain mentransfer pusat beban menjadi ke bagian tengah motor yang berefek pada kestabilan berkendara meningkat, vibrasi atau getaran yang dirasakan tubuh pun menjadi lebih rendah. Tubuh tidak terlalu berguncang keras.

5. Jangan Bermanuver atau Zig-Zag

Banyak dari pengendara sepeda motor kerap bermanuver agresif untuk menghindari titik lubang ketika melewati jalan yang rusak.

Keputusan ini justru cukup berbahaya, karena bisa saja menyebabkan senggolan atau tabrakan dengan pengendara lain baik yang ada di belakang kita maupun di depan.

Saat melewati jalan rusak, jauh lebih baik berkendara pelan secara konstan di jalur lurus yang sudah diambil, dan apabila mau pindah jalur, harus di pastikan menyalakan lampu sein sebagai kode dan lihat kondisi pengendara baik di belakang melalui spion maupun di depan.

6. Selalu Jaga Jarak Aman untuk Menghindari Kecelakaan

Ini penting, selalu menjaga jarak aman dengan pengendara yang ada di depan kita, terutama ketika melewati jalanan yang rusak.

Tidak sedikit pengendara yang sering melakukan pengereman kemudian berpindah jalur secara mendadak untuk menghindari lubang. Itu adalah teknik dasar berkendara di jalan rusak yang ke-6.

Jangan lupa juga agar selalu melakukan memeriksa dan merawat motor secara berkala di bengkel AHASS terdekat. Tujuannya agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap dapat bekerja secara maksimal.

Baca Juga:Ini Dia 5 Faktor Penyebab Bensin Sepeda Motor Boros, Hati – Hati !MANTUL ! Taman Lalu Lintas dan Taman Kreativitas Astra Ditampilkan di Puncak Perayaan HAN Tahun 2023 di Semarang 

Akan lebih baik jika memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS dengan mengdownload aplikasi Motorku X di playstore untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. (anang)

0 Komentar