Ini 6 Makanan Penyebab Wajah Berminyak, Kontrol Konsumsinya dari Sekarang!

makanan penyebab wajah berminyak
ilustrasi makanan penyebab wajah berminyak/pexels
0 Komentar

RADARPAKLONGAN.ID – Ada beberapa makanan penyebab wajah berminyak yang perlu dihindari untuk mengurangi produksi sebum berlebih. Meskipun bukan satu-satunya penyebab wajah berminyak, konsusmsi makanan tersebut tetap perlu dibatasi.

Jika sebum yang dihasilkan kulit berlebihan, maka besar kemungkinan akan menimbulkan masalah kulit lain seperti pori-pori tersumbat, komedo, hingga jerawat. Masalah ini akan terus berlanjut jika penyebabnya tidak ditangani dengan baik.

Untuk itu perlu mengetahui beberapa makanan penyebab wajah berminyak agar bisa mengurangi risiko permasalahan tersebut.

Baca Juga:Ternyata Ada Sabun Mandi Terbaik untuk Memutihkan Kulit, Tampil Cerah Anti Repot Cek 6 Merk BerikutHealing Tetap Cantik! Ini Dia 6 Skincare yang Harus Dibawa Saat Traveling, Wajah Cantik Tanpa Kusam

Makanan Penyebab Wajah Berminyak

Setidaknya, ada enam jenis makanan yang bisa menyebabkan wajah berminyak. Hal ini diungkapkan oleh dokter kecantikan yang juga seorang dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya, Neny Triastuti.

1. Makanan Pedas

ilustrasi makanan pedas/pixabay

Sering dijadikan makanan favorit karena dianggap bisa menghilangkan stres dan meningkatkan suasana, ternyata makanan pedas termasuk dalam daftar makanan penyebab wajah berminyak.

Meskipun jenis makanan ini bagus untuk metabolisme, ia akan menaikkan suhu tubuh dan meleberkan pembuluh darah. Akibatnya akan terjadi iritasi kulit dan membuat kulit semakin meradang.

Kalau kamu memiliki kondisi yang rentan dengan jerawat dan rosacea (sakit kulit dengan warna kemerahan yang disertai bintik menyerupai jerawat), maka akan jauh lebih baik jika menghindari konsumsi makanan pedas.

2. Gula

ilustrasi makanan tinggi gula/unsplash

Selain makanan pedas, gula yang rasanya manis juga termasuk makanan penyebab wajah berminyak. Ketika kamu mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, maka produksi IGF-1 atau hormon peptida akan meningkat.

Hormon tersebut merangsang pertumbuhan namun juga menyebabkan produksi sebum berlebih. Nah, untuk menghindarinya maka perlu mengontrol asupan gula harian agar tidak memicu minyak berlebih.

3. Garam

Makanan penyebab wajah berminyak yang lainnya yaitu garam. Jika garam dikonsumsi dengan berlebihan maka akan menimbulkan risiko dehidrasi, pembengkakan, juga retensi air.

Baca Juga:Ada 5 Penyebab Wajah Berminyak dan Berjerawat, Sudahkah Tahu Cara Mengatasinya?Bagaimana Cara Merawat Kulit Sensitif yang Benar? Simak Do’s and Don’ts Berikut Agar Kesehatannya Selalu Terjaga

Selain itu, mengonsumsi garam berlebihan juga bisa menyebabkan meningkatnya kadar minyak karena berusaha melawan dehidrasi oleh garam tadi. Jadi selalu kontrol dan hindari makanan olahan dengan kandungan garam tinggi. Juga tidak disarankan untuk menambahkan garam terlalu banyak ke makanan.

0 Komentar