Ini 6 Makanan Penyebab Wajah Berminyak, Kontrol Konsumsinya dari Sekarang!

makanan penyebab wajah berminyak
ilustrasi makanan penyebab wajah berminyak/pexels
0 Komentar

4. Produk Susu

Produk susu yang dimaksud di sini juga berarti susu itu sendiri. Di dalamnya terdapat kandungan hormon tingkat tinggi yang bisa merangsang kelenjar sebaceous sehingga meningkatkan produksi minyak.

Karena hal itu juga, pori-pori bisa tersumbat sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Jika kamu memiliki masalah kulit ini, maka bisa mengganti susu biasa dengan alternatif susu almond atau kenari. Sedangkan keju konvensional bisa digantikan dengan keju vegan.

5. Daging Merah

Daftar makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah daging merah. Daging ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi sehingga bisa menyebabkan peradangan pada kulit.

Baca Juga:Ternyata Ada Sabun Mandi Terbaik untuk Memutihkan Kulit, Tampil Cerah Anti Repot Cek 6 Merk BerikutHealing Tetap Cantik! Ini Dia 6 Skincare yang Harus Dibawa Saat Traveling, Wajah Cantik Tanpa Kusam

Jika peradangan terjadi secara berlebihan, maka juga bisa menyebabkan produksi sebum atau minyak juga turut meningkat atau berlebih. Alternatifnya adalah kamu bisa mengurangi jumlah porsi daging merah, atau menggantikan daging merah dengan unggas atau ikan.

6. Biji-Bijian Olahan

Makanan penyebab wajah berminyak yang terakhir adalah biji-bijian olahan, misalnya tepung olahan. Tepung tersebut akan kehilangan beberapa kandungan penting saat diproses. Mulai dari kandungan serat, vitamin, mineral, protein, antioksidan, lemak, dan karbohidrat.

Selain itu, tepung putih yang ada pada roti dan kue juga bisa menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat. Jika kadar insulin dalam darah tinggi, maka akan meningkatkan produksi minyak berlebih di kulii.

Alih-alih mengonsumsi biji-bijian olahan, maka lebih baik mengonsumsi biji-bijian utuh saja. Misalnya yaitu beras merah, quinoa dan pasta dari biji-bijian utuh. Makanan tersebut tinggi serat sehingga bisa menjaga gula darah agar tetap stabil dan tidak menyebabkan produksi minyak dalam kulit meningkat.

Oleh karena itu, perlu dilakukan usaha sadar untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya melakukan perawatan dengan berbagai produk skincare atau treatment tertentu, makanan sehat juga perlu diperhatikan. Selalu kontrol konsumsi makanan penyebab wajah berminyak tadi ya. (*)

0 Komentar