Ada 5 Penyebab Wajah Berminyak dan Berjerawat, Sudahkah Tahu Cara Mengatasinya?

penyebab wajah berminyak dan berjerawat
ilustrasi penyebab wajah berminyak dan berjerawat/youtube
0 Komentar

5. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Indeks Glikemik Tinggi

Makanan dengan kandungan indeks glikemik tinggi contohnya adalah karbohidrat, gula, dan lemak jenuh. Jenis makanan tersebut bisa menyebabkan produksi sebum berlebih sehingga wajah jadi berminyak dan berjerawat.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Setelah mengetahui berbagai penyebab wajah berminyak dan berjerawat, berikut perawatan yang bisa dilakukan agar kadar minyak bisa dikurangi dan tidak menimbulkan jerawat.

1. Membersihkan Wajah dengan Rutin

Pemilik kulit berminyak disarankan untuk mencuci muka sebanyak 2 kali sehari, pada pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan facial wash khusus wajah berminyak yang kandungannya cocok untuk jenis kulit kamu.

Baca Juga:Bagaimana Cara Merawat Kulit Sensitif yang Benar? Simak Do’s and Don’ts Berikut Agar Kesehatannya Selalu TerjagaTenang, Begini Cara Mengatasi Jerawat yang Terlanjur Dipencet, Lakukan dengan Benar Maka Kulitmu Akan Pulih Kembali

Sebaiknya hindari penggunaan sabun cuci muka yang terdapat alkohol, parfum, dan kandungan kuat lainnya. Hal tersebut akan memicu produksi sebum lebih banyak.

2. Memakai Pelembap, Sunscreen dan Skincare

Salah satu cara mengatasi penyebab wajah berminyak dan berjerawat adalah dengan menggunakan pelembap. Cara ini diperlukan agar kulit selalu terhidrasi dengan baik, sehingga tidak kekeringan yang justru bisa membuat produksi sebum meningkat.

Gunakan pelembap dengan kandungan oil free atau water based, juga non comedogenic agar tidak menimbulkan penyumbatan pori-pori.

Selain itu, pakai juga sunscreen atau tabir surya yang kandungannya ringan. Hal ini diperlukan agar kulit selalu terjaga dari paparan sinar matahari yang jika kelamaan, bisa berdampak pada munculnya tanda penuaan, atau keriput dan juga flek hitam.

Pilih sunscreen dengan kandungan SPF 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan. Bisa juga ditambahkan dengang memakai masker alami yang kamu buat sendiri.

3. Manfaatkan Blotting Paper

Blotting paper biasa juga disebut dengan kertas minyak. Fungsinya memang tidak untuk mengontrol produksi sebum di wajah, tapi kamu bisa menyelamatkan dirimu dengannya. Gunakan blotting paper untuk membantu mengurangi kilap di wajah saat kamu beraktivitas.

Selain beberapa cara tersebut, mengatasi penyebab wajah berminyak dan berjerawat juga bisa dilakukan dengan memakai masker wajah agar produksi sebum bisa dikontrol dengan baik. (*)

0 Komentar