Bagaimana Cara Perawatan Wajah Berminyak yang benar? Simak 3 Do’s and Don’ts Berikut!

Perawatan wajah berminyak
ilustrasi perawatan wajah berminyak/youtube
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Setiap jenis kulit wajah memiliki cara perawatan masing-masing. Misalnya dalam hal mencuci muka, kulit wajah kering sebaiknya hanya mencuci wajah sekali saja. Sementara perawatan wajah berminyak bisa dilakukan dua kali.

Perbedaan ini tentunya dengan alasan tertentu. Kulit wajah kering tidak perlu menggunakan produk facial wash terlalu sering karena bisa membuat kulit semakin kering. Sedangkan pemilik wajah berminyak, perlu memastikan wajah dalam keadaan bersih agar tidak ada minyak dan kotoran yang menempel di wajah tidak menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Lalu bagaimana cara perawatan wajah berminyak yang benar?

Do’s Perawatan Wajah Berminyak

Agar kulit berminyak bisa selalu sehat dan meminimalisir risiko munculnya berbagai masalah kulit, berikut daftar perawatan wajah berminyak yang harus kamu lakukan:

1. Cuci Muka Dua Kali Sehari

ilustrasi wanita mencuci muka/pexels

Baca Juga:7 Sheet Mask Terbaik untuk Jerawat, Ampuh Mengontrol Minyak Berlebih di WajahSerum Terbaik untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Atasi Tanda Penuaan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dan dilakukan pemilik wajah berminyak adalah untuk selalu mencuci muka minimal dua kali sehari. Sama seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, wajah berminyak harus menjaga agar kotoran dan minyak yang menempel tidak berisiko menimbulkan jerawat.

Lakukan cuci muka pada pagi hari, dan juga malam setelah beraktivitas seharian sebelum tidur agar tidak ada sisa kotoran dan debu yang tinggal di kulit wajah. Jangan lupa gunakan facial wash atau sabun cuci muka khusus untuk perawatan wajah berminyak.

2. Oleskan Pelembap dengan Kandungan SPF

Perawatan wajah berminyak berikutnya yaitu dengan menggunakan pelembap wajah dengan kandungan SPF. Paparan sinar matahari yang menyengat tidak menutup kemungkinan akan merusak kulit, untuk itu pelembap atau sunscreen perlu memiliki kandungan Sun Protection Factor.

Entah SPF 15, 30, atau lebih dari itu perlu disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Dengan begitu, kulit wajah akan terhindar dari munculnya flek hitam bahkan kerutan. Tapi perlu diperhatikan agar memilih pelembap dengan label water based atau oil free. Keduanya bertekstur ringan dan cocok untuk wajah berminyak.

0 Komentar