Bagaimana Cara Perawatan Wajah Berminyak yang benar? Simak 3 Do’s and Don’ts Berikut!

Perawatan wajah berminyak
ilustrasi perawatan wajah berminyak/youtube
0 Komentar

3. Pakai Skincare dan Make Up untuk Wajah Berminyak

ilustrasi wanita memakai masker/pexels

Untuk menjaga kesehatan wajah, perawatan wajah berminyak perlu dilakukan dengan menggunakan bahan make up atau skincare yang cocok agar tidak semakin membuat wajah menghasilkan sebum atau minyak lebih banyak.

Gunakanlah produk skincare dan make up dengan label oil free, water based, matte, juga non comedogenic. Label tersebut diformulasikan untuk wajah berminyak sehingga bisa mengontrol produksi minyak dan tidak menyumbat pori-pori.

Baca Juga:7 Sheet Mask Terbaik untuk Jerawat, Ampuh Mengontrol Minyak Berlebih di WajahSerum Terbaik untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Atasi Tanda Penuaan

Don’ts Perawatan Wajah Berminyak

Sementara melakukan perawatan yang perlu dilakukan tadi, pemilik wajah berminyak juga perlu menghindari beberapa hal untuk merawat wajah berikut agar kulit tetap sehat dan tidak menimbulkan jerawat:

1. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Salah satu hal yang wajib dihindari pemilik wajah berminyak adalah larangan untuk tidak sering-sering menyentuh wajah terutama bagian yang berjerawat. Hal ini perlu diperhatikan agar bakteri yang ada di tangan tidak membuat jerawat semakin parah.

Jika memang harus menyentuh wajah, maka pastikan tangan dalam keadaan bersih atau cuci tangan terlebih dahulu.

2. Tidak Memakai Produk Skincare Berlebihan

Perawatan wajah berminyak juga termasuk tidak menggunakan produk perawatan dengan berlebihan. Misalnya untuk mengatasi jerawat, lebih baik gunakan produk satu-satu dan hindari penggunaan berbagai produk secara bersamaan.

Jika dilakukan dengan berlebihan maka kandungan produk tersebut justru tidak efektid bahkan bisa menimbulkan munculnya peradangan dan iritasi.

3. Memakai Barang Kotor untuk Kulit

Terakhir, pemilik wajah berminyak harus menghindari pemakaian barang kotor. Perawatan wajah berminyak ini penting tapi kerap tidak disadari. Misalnya penggunaan handuk, sarung bantal, juga sprei.

Saat tidur, pori-pori wajah akan membesar dan kulit memproduksi minyak. Minyak tersebut kelamaan akan menempel di sarung bantal atau sprei sehingga bisa jadi sarang bakteri. Nah, jika tidak dicuci secara rutin maka kotoran bisa berpindah kembali ke kulit wajah. Pun dengan penggunaan handuk.

Baca Juga:Bantu Kotrol Minyak dan Bikin Kulit Lembut! Ini Rekomendasi Pelembap untuk Wajah Berminyak, Harga Mulai 12 Ribuan Aja5 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berjerawat, Tekstur Ringan dan Nggak Bikin Kilap

Jadi, kamu harus selalu memperhatikan kebersihan barang yang bersentuhan dengan wajah sebagai salah satu langkah perawatan wajah berminyak. (*)

0 Komentar