Mengenal Batik Encim di Pekalongan

Mengenal Batik Encim di Pekalongan
Mengenal Batik Encim di Pekalongan (Twitter/@valensriyadi)
0 Komentar

Ibu mulyani dan widianti owner batik Art (Twitter/@iwet)

Pengusaha batik ini yang sejak awal telah memiliki konsistensi akan kualitas dalam teknik penggarapan batik tulis halus.

Selain itu juga masih mempertahankan cara cara tradisi warisan turun temurun dari pendahulunya.

Terutama dalam tahap persiapan kain yang akan dibatik seperti pemakaian minyak kacang, penganjian dan pengemplongan masih mempertahankan cara cara tradisional yang relative lebih lama secara prosesnya.

Baca Juga:Menyelisik Batik Oey Soe Tjoen, Batik Tulis Halus Peranakan Tertua di Pekalongan yang Legendaris , Memulai Usaha Sejak Tahun 1925Mengenal Perbedaan antara Jomblo dan Single, Keduanya Memiliki Arti yang Sama Namun Sejatinya Berbeda

Bisa dikatakan batik Art ini merupakan batik yang berada di bawah bendera dari oey soe tjoen. Yang mengikuti trend perkembangan desain, akan tetapi memilik ciri khas mempertahankan kualitas dalam teknik pengarapan sesuai dengan tradisi .

Khas batiknya tulis tangan dan halus, juga masih terlihat dari cara penggarapan tanahannya atau latar desain utamanya. Dengan warna cina yakni merah, kuning dan emas.

Bahkan penggarapan tanahan atau latar belakang dari desain utamanya menggunakan bermacam canting dari canting ngemplong, canting klowongan, canting popokan, canting pasiran dan canting usar.

Ciri Khas batik Encim di Pekalongan

Batik Encim atau batik gaya cina tidak hanya di Pekalongan saja namun juga ada di daerah lain seperti Semarang, Tuban serta Cirebon. Namun memang tidak sepesat di Pekalongan.

Pekalongan merupakan daerah pembatikan di pesisir pulau jawa yang memiliki karakteristik unik. Berbeda dengan daerah pembatikan lainnya seperti Cirebon, Lasem, Tuban maupun garut.

Pekalongan sebagai akar sejarah pembatikan yang kuat. Sungai Loji sebagai urat nadinya pendistribusian bahan untuk batik seperti benang lawe, mori, malam, bahan pewarna sintesi dan lainnya.

Batik Art (Twitter/@gelarnusantara)

Ciri khas dari pada batik encim di Pekalongan adalah motif bunga-bunga seperti soka, mawar, anyelir, dan magnolia, sering digunakan.

Baca Juga:9 Hal yang Harus Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah, Apa Aja Itu?Ada Saatnya Memang Memilih Jadi Single Lebih Baik Daripada Memiliki Pacar

Motif buketan pada batik encim terutama detail bunganya diperindah dengan beberapa kupu-kupu atau burung-burung yang mengelilingi buketan bunga.

Alternatif desain lainnya juga biasanya hanya memberi variasi pada latar belakang kain. Berlatar belakang motif kecil-kecil yang disebut tanahan.

Variasi lain adalah dengan memberi tumpal atau tanpa tumpal untuk dikenakan sebagai sarung.

0 Komentar