Memahami Keutamaan dan Cara Merayakan Lebaran Anak Yatim pada 10 Muharram

Merayakan Lebaran Anak Yatim pada 10 Muharram
Lazisnu Kota Pekalongan saat menggelar santunan anak yatim di RM Selaras, kompleks Gedung Aswaja, Kota Pekalongan, pada Jumat, 29 Juli 2023. (Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan)
0 Komentar

2. Dilipatgandakan Pahala

Pahala dari ibadah yang dilakukan selama bulan Muharram akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Termasuk memberikan santunan lebaran anak yatim pada 10 muharram.

Hal tersebut telah disampaikan di dalam sebuah hadis, sebagai berikut:

“Sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian,” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Mendatangkan Pertolongan Allah SWT

Menolong anak yatim dalam berbagai bentuk kepedulian nyata adalah ibadah yang bisa mendatangkan pertolongan Allah SWT.

Baca Juga:Mengenal Batik Encim di PekalonganMenyelisik Batik Oey Soe Tjoen, Batik Tulis Halus Peranakan Tertua di Pekalongan yang Legendaris , Memulai Usaha Sejak Tahun 1925

Menolong dengan merawat atau memberikan santunan lebaran anak yatim pada 10 muharram akan ditolong oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa, :

”Barang siapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan kesusahnnya di dunia dan akhirat. Dan barang siapa yang menutupi air orang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di akhirat. Allah menolong hamba Nya selam hamba itu menolong saudaranya.” [HR Muslim]

4. Menghindarkan dari siksa Akhirat

Keutamaan memberikan santunan lebaran anak yatim pada 10 muharram yakni dapat menghindarkan dari siksa akhirat. Sebagai sebuah kewajiban, dalam sabda Nabi Muhammad Saw, yang artinya:

“Demi yang mengutusku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, menyayangi keyatiman dan kelemahannya.” [HR Thabrani dari Abu Hurairah]

5. Sebagai Amal Investasi Akhirat

Keutamaan memberikan santunan lebaran anak yatim pada 10 muharram salah satunya adalah sebagai amal investasi di akhirat kelak.

Nabi SAW pernah bersabda, yang artinya: “Apabila manusia mati maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang soleh yang mendoakannya.” [HR Muslim dari Abu Hurairah]

Amalan yang dianjurkan pada Bulan Muharram

Sayangi Anak Yatim (Image by rawpixel)

Baca Juga:Mengenal Perbedaan antara Jomblo dan Single, Keduanya Memiliki Arti yang Sama Namun Sejatinya Berbeda9 Hal yang Harus Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah, Apa Aja Itu?

Mengingat Muharram adalah bulan yang penuh dengan peristiwa penting dan istimewa, maka sebaiknya kita melakukan ibadah dan amal yang baik. Termasuk didalamnya memberikan santunan lebaran anak yatim pada 10 muharram.

0 Komentar