Bukan Frugal atau Slow Living, Ini 5 Cara Sederhana Hidup Tenang Agar Kamu Damai Luar Dalam

Cara sederhana hidup tenang
ilustrasi cara sederhana hidup tenang/pexels
0 Komentar

Kamu masih bisa mendengarkan orang lain berbagi kehidupan atau meluapkan dramanya yang panjang nan lebar. Tapi cukup dengarkan saja dan jangan ikut campur. Kamu tidak perlu langsung ikut turun tangan dan cukup perhatikan saja. Sama halnya denganmu, mereka punya hidupnya sendiri.

3. Minimalkan Drama yang Tidak Perlu

Hal ini terkait dengan caramu berinteraksi dengan orang lain. Cara sederhana hidup tenang poin ini ialah, sebisa mungkin menghindari komunikasi atau interaksi yang banyak drama atau percakapan yang akan membuat emosional.

Usahakan interaksimu dengan orang lain bersifat netral tanpa membawa banyak perasaan sehingga akan mengganggu ketenangan psikologis. Jika bertemu dengan orang yang terlalu dramatis, mundurlah.

Baca Juga:Ternyata ini 5 Kebiasaan yang Membuat Hidup Tidak Bahagia, Salah Satunya Mengabaikan Diri SendiriBukan Extension, Begini 6 Cara Membuat Bulu Mata Tebal dan Lentik Alami

Pun ketika mereka datang bercerita, cukup dengarkan tanpa menawarkan saran jika belum diminta. Jangan terlalu berbaik hati mengorbankan perasaanmu untuk drama yang tidak perlu.

4. Jujur dengan Diri Sendiri atau Orang Lain

ilustrasi orang berpelukan/pexels

Mungkin pada awalnya bukan hal yang mudah. Untuk hidup tenang, kamu harus mengakui perasaanmu terhadap dirimu sendiri dan juga orang lain. Jangan menyangkal tentang apa yang kamu rasakan sekalipun itu sebuah kegagalan atau kekecewaan.

Termasuk saat kamu memiliki masalah dengan orang lain, alangkah lebih baik jika duduk bersama dan bicarakan dengan orang yang bersangkutan. Cara sederhana hidup tenang ini lebih bijak dibanding kamu memendamnya sendiri atau justru bercerita dengan orang yang tidak bersangkutan.

Beranilah untuk mengatakan apa yang ada dalam dirimu. Dengan begitu, kamu akan merasakan kelegaan luar biasa dan bisa menghindari berbagai kemungkinan risiko banyak sakit hati di masa depan.

5. Akhiri Hubungan Toxic

Tidak hanya hubungan dengan pasangan, toxic di sini berarti luas. Entah rekan kerja ataupun kenalan di medsos. Meminimalisir komunikasi dengan mereka adalah caramu menghemat energi.

Waktumu jauh lebih berharga untuk menikmati waktu luang sendiri, atau berkumpul dengan orang yang positif dibandingkan mendengarkan drama toxic people yang bikin stres.

0 Komentar