Cara Logis Cepat Kaya, Begini Gaya Hidup Frugal Living yang Sebenarnya!

gaya hidup frugal living
ilustrasi gaya hidup frugal living/pexels
0 Komentar

Jangankan kita yang kekayaannya belum seberapa. Banyak orang terkaya di dunia yang sudah menerapkan frugal living sekalipun saat ini dengan kekayaan yang dimiliki mereka sangat mampu membeli barang mewah setiap hari.

Beberapa tokoh dunia yang menerapkan gaya hidup frugal living adalah Warren Buffet, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Bill Gates, dan beberapa tokoh lainnya.

Jhon White dalam tulisannya berjudul The Frugal Life, and Why We Should Educate for It menyebutkan bahwa frugal living sebenarnya juga perlu dianut oleh generasi masa depan. Hal ini demi keberlangsungan kehidupan seluruh manusia di masa mendatang.

Baca Juga:4 Cara Diet dengan Gaya Hidup Frugal Living, Double Manfaat: Hemat dan Ramping Sekaligus!3 Bahaya Menggunakan Bulu Mata Palsu, Batasi Pemakaiannya Perhatikan Cara Amannya

Melihat populasi dunia yang kian bertambah, sumber daya yang tersedia pun akan semakin terbatas sehingga sangat pas jika orang-orang menerapkan gaya hidup sederhana, tidak makan secara berlebihan, termasuk tidak memproduksi sampah yang bisa merusak bumi. Jadi gaya hidup frugal living tidak hanya demi diri sendiri, tapi juga bermanfaat untuk lingkungan.

Kalau Mau Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living, Gimana Caranya?

Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti sebagai cara untuk menerapkan gaya hidup frugal living.

1. Buat Tujuan Finansial yang Jelas

Misalnya yaitu memiliki tabungan untuk membeli rumah, pernikahan, pendidikan anak, atau mengamankan dana darurat juga dana pensiun di masa depan. Tujuan finansial ini harus dibuat sesuai dengan kebutuhanmu agar kamu melakukannya dengan semangat dan tidak sia-sia.

2. Bedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan Sebelum Berbelanja

Langkah kedua untuk menerapkan gaya hidup frugal living, kamu perlu tahu betul apakah uangmu akan dibelanjakan untuk sesuatu yang benar-benar bermanfaat atau hanya keinginan sesaat.

Jika barang itu tidak terlalu dibutuhkan dan bisa diganti dengan cara lain, misalnya menyewa atau beli bekas, maka kamu bisa menyimpan dana lebih.

3. Hindari Berhutang yang Sifatnya Konsumtif

Jangan tergiur dengan hutang seperti payletter atau sejenisnya yang kemudian akan membuatmu dengan mudah berhutang untuk barang sepele. Sebaliknya, kamu harus belanja dengan cerdas misalnya memanfaatkan diskon atau promo yang sedang berlangsung.

4. Sadari Bahwa Hidup Tidak Hanya untuk Saat Ini Saja

0 Komentar