Tips Memperkuat Persahabatan, Gunakan Skill Mendengarkan yang Kamu Punya!

Memperkuat persahabatan
Memperkuat persahabatan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Tips Memperkuat Persahabatan dengan Mendengarkan

Tetap Hadir. Kadang-kadang orang berpura-pura mendengarkan, tetapi sebenarnya mereka hanya menunggu teman mereka berhenti berbicara sehingga mereka dapat mengatakan apa pun yang telah mereka latih secara mental sementara mereka berpura-pura mendengarkan. Orang biasanya bisa merasakan ini, dan rasanya tidak enak. Selain itu, mereka cenderung melewatkan apa yang dikatakan karena tidak fokus. Dengan kebiasaan ini, kamu akan kesulitan memperkuat persahabatan.

Jangan Memberi Nasihat. Hal ini telah banyak disebutkan sebelumnya, tetapi ini penting karena saran yang tidak diminta sebenarnya bisa membuat stres. Wajar jika ingin memberi saran dan ‘memperbaiki’ masalah teman saat itu juga. Kecuali diminta secara khusus, jangan. Saat kamu mencoba membantu, apa yang berhasil untuk Anda mungkin tidak berhasil untuk temanmu; juga, nasihat bisa terasa merendahkan. Kecuali mereka meminta saran secara langsung, temanmu mungkin hanya ingin merasa didengarkan dan dipahami, lalu mencari solusinya sendiri.

Percayai Prosesnya. Mungkin terasa sedikit menakutkan untuk mendengarkan perasaanmu sebelum memberikan solusi, dan mendengar temanmu berbicara tentang perasaan kesal bahkan mungkin membuat dirimu merasa tidak berdaya. Tetapi biasanya menawarkan telinga yang mendukung dan duduk bersama temanmu di tempat yang tidak nyaman adalah hal paling membantu yang dapat kamu lakukan, dan begitu perasaan itu hilang, solusi dapat mulai datang.

Baca Juga:Menghadapi Orang yang Self-Centered, Ini 5 Hal yang Harus Kamu LakukanSelf-Centered: 5 Tanda Bahwa Seseorang Memusatkan Dunia Kepada Diri Sendiri

Biarkan Segalanya Merata Seiring Waktu. Dengan semua fokus pada masalah temanmu, mungkin sulit untuk tidak memfokuskan waktu yang sama pada dirimu sendiri. Bersantailah dengan pengetahuan bahwa, saat kamu membutuhkan seorang teman, kemungkinan besar temanmu akan menjadi pendengar yang lebih baik untuk dirimu. Jika kamu secara konsisten memberikan semua hadiah, kamu dapat mengevaluasi kembali dinamika hubungan. Namun, menjadi pendengar yang baik dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih perhatian, dan memberikan perspektif yang lebih mendukung dalam memperkuat persahabatan yang kamu miliki ini.

**AN

Referensi Verywellmind

0 Komentar