Kenali Tanda dan 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terkena Gaslighting

Hal yang harus dilakukan jika terkena gaslighting
Hal yang harus dilakukan jika terkena gaslighting. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Kamu kecewa pada diri sendiri dan menjadi diri sendiri: Misalnya, kamu merasa lemah dan pasif, dan dulu kamu lebih kuat dan tegas.

Kamu merasa bingung: Perilaku orang yang melakukan gaslighting membuatmu bingung.

Kamu khawatir kamu terlalu sensitif: Orang tersebut meminimalkan perilaku atau kata-kata yang menyakitkan dengan mengatakan “Aku hanya bercanda” atau “Kamu membutuhkan kulit yang lebih tebal”.

Kamu merasakan malapetaka yang akan datang: Kamu merasa sesuatu yang buruk akan terjadi ketika kamu berada di sekitar orang ini. Ini mungkin termasuk merasa terancam dan gelisah tanpa mengetahui alasannya.

Baca Juga:7 Tanda Orang Melakukan Gaslighting Kepadamu6 Cara Menghadapi Verbal Abuse, Jangan Mau Dilecehkan!

Kamu menghabiskan banyak waktu untuk meminta maaf: Kamu merasa perlu untuk selalu meminta maaf atas apa yang kamu lakukan atau siapa dirimu.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Terkena Gaslighting

Jika kamu mengalami gaslighting dalam suatu hubungan, ada beberapa hal yang harus dilakukan jika terkena gaslighting ambil untuk melindungi diri sendiri. Hal-hal yang mungkin kamu lakukan antara lain:

Dapatkan jarak: Mengambil jarak dari partnermu adalah hal yang harus dilakukan jika terkena gaslighting. Akan sangat membantu untuk mengambil langkah mundur dari emosi intens yang dapat ditimbulkan oleh gaslighting. Meninggalkan situasi secara fisik dapat membantu, tetapi kamu juga dapat mencoba menggunakan beberapa teknik relaksasi seperti latihan pernapasan dalam atau latihan grounding.

Simpan buktinya: Karena gaslighting dapat membuatmu mempertanyakan diri sendiri, berusahalah untuk melestarikan bukti dari pengalamanmu. Itu adalah salah satu hal yang harus dilakukan jika terkena gaslighting. Simpan jurnal, simpan percakapan teks, atau simpan email sehingga kamu dapat melihatnya kembali nanti dan mengingatkan diri sendiri bahwa kamu tidak boleh meragukan atau mempertanyakan diri sendiri.

Tetapkan batasan: Batasan memberi tahu orang lain apa yang ingin kamu terima dalam suatu hubungan. Karenanya, ini adalah hal yang harus dilakukan jika terkena gaslighting. Jelaskan bahwa kamu tidak akan membiarkan orang lain terlibat dalam tindakan seperti meremehkan atau menyangkal apa yang kamu katakan.

Dapatkan perspektif luar: Bicaralah dengan teman atau anggota keluarga tentang apa yang kamu alami. Memiliki perspektif orang lain dapat membantu membuat situasi menjadi lebih jelas bagimu.

0 Komentar