Bikin Rileks dan Ga Gampang Capek! 5 Posisi Tubuh yang Nyaman Saat Berkendara, Begini Caranya

Posisi tubuh yang nyaman saat berkendara
Posisi tubuh yang nyaman saat berkendara. (youtube/Mike on Bikes)
0 Komentar

2. Perhatikan Posisi Pegangan Grip Setang dan Sudut Pergelangan Tangan

Posisi tubuh yang nyaman saat berkendara juga tida terlepas dari posisi pegangan grip setang dan sudut pergelangan tangan.

Posisikan pegang grip setang dengan santai dan sudut pergelangan tidak kaku. Agak menyiku untuk memberikan keluwesan ketika harus melakukan manuver.

Hal ini penting diperhatikan karena posisi yang salah bisa membuat tangan pengendara keseleo sewaktu menarik rem secara tiba-tiba maupun ketika bermanuver.

Baca Juga:5 Peralatan Hand Tool Wajib Bagi Pengendara Motor, Bekal Aman Buat Dipakai Sehari-HariPenting Mengenali 4 Manfaat Menjaga Tekanan Angin Ban Motor Secara Optimal, Apakah Benar Bisa Irit Bahan Bakar?

Perlu kalian waspadai, rasa nyeri baik itu hanya sesaat atau berkelanjutan pada pergelangan tangan, bisa mengganggu keseimbangan ketika mengedarai kendaraan.

Jadi, jangan pernah sekali-kali menyepelekan posisi dari pergelangan tangan kalian, jika ingin mendapatkan suasana berkendara yang nyaman.

3. Perhatikan Posisi Telapak Kaki Pada Pijakan

Untuk posisi tubuh yang nyaman saat berkendara yang selanjutnya yakni penting juga untuk kalian dalam memposisikan telapak kaki pada footstep.

Pastikan jari kaki tetap menghadap ke depan dan posisi telapak kaki agak horisontal. Posisi siaga akan memudahkan ketika pengendara saat harus melakukan rem mendadak.

Terlebiih jika kalian menggunakan motor yang menggunakan trasmisi. Posisi telapak kaki ini perlu kalian perhatikan guna mempermudah dalam melakukan perpindahan gigi.

4. Posisi Lulut yang Benar

Berikutnya, posisi lutut yang benar juga perlu kalian perhatikan gunan mendapat posisi tubuh yang nyaman saat berkendara.

Caranya adalah dengan tempelkan kedua lutut pada tangki untuk motor sport dan untuk motor non sport posisi lutut menghadap ke depan.

Baca Juga:8 Bagian Ini Wajib Kalian Cek! Berikut Tips Servis Rutin Sepeda Motor yang Baik Agar Tidak Perlu Bolak-Balik ke BengkelUsahakan Punya! 7 Spare Part Penting untuk Motor yang Wajib Kalian Miliki dan Tahu Fungsinya

Pada motor sport menjepit tangki juga bisa membantu kalian dalam menjaga keseimbangan. Yang terpenting adalah usahakan posisi lutut dalam keadaan rileks.

5. Duduk Pada Posisi yang Tepat

Posisi tubuh yang nyaman saat berkendara yang terakhir yakni, dengan kalian memposisikan duduk dengan tepat dan ambil posisi senyaman mungkin

Duduk pada posisi yang tepat ini juga penting agar mudah menggerakan lengan dan kaki. Duduk jangan terlalu di depan, atau belakang, karena justru bisa mengganggu keseimbangan.

Nah, jika ternyata tiba-tiba kalian mendapati rasa keram, sebaiknya menepi terlebih dahulu untuk sekedar beristirahat dan meregangkan otot-otot yang kaku.

0 Komentar