Usahakan Punya! 7 Spare Part Penting untuk Motor yang Wajib Kalian Miliki dan Tahu Fungsinya

Spare part penting untuk motor
Kampas rem, spare part penting untuk motor. (instagram/@hpz.tv)
0 Komentar

Sementara, jika motor memakai aki kering, penggantian aki biasanya dilakukan dalam satu setengah hingga dua tahun sekali.

Penggantian aki juga dipengaruhi oleh penggunaan motor. Sebaiknya hal ini menjadi perhatian pada setiap melakukan servis.

3. Lampu Motor

Selanjutnya adalah lampu motor. Ada beberapa bagian dari lampu motor dengan fungsi yang berbeda.

Baca Juga:Penting Banget! Inilah 7 Tips Aman Naik Motor untuk Wanita Berhijab, Solusi Riding Sehat dengan Selamat6 Tips Mudah Menabung untuk Beli Mobil Impian, Kalau Tidak Sekarang Kapan Lagi?

Pertama yakni lampu utama, berfungsi untuk memberikan penerangan bagi pengendara. Lampu ini penting untuk segi keamanan, terutama saat lewat jalan yang gelap atau menim penerangan.

Lalu, ada lampu rem yang berfungsi untuk menjadi penanda bagi pengendara di belakang, supaya tahu bahwa kita sedang melakukan pengereman.

Terakhir, ada lampu sein yang juga berfungsi sebagai penanda kalian akan berbelok ke arah kanan atau kiri.

Penggunaannya pun harus benar, supaya tidak membuat pengguna jalan lain menjadi bingung dan salah mengambil langkah.

Lampu motor juga memiliki batas untuk usia pemakaiannya. Jika lampu sudah mulai redup, maka perlu dilakukan pengecekan. Jika perlu, usahakan langsung diganti agar tidak membahayakan.

4. Busi

Busi motor. (instagram/@dayamotorsoekarnohatta)

Spare part penting untuk motor berikutnya adalah busi. Fungsi dari busi yakni sebagai pemantik api supaya pembakaran dalam mesin dapat bekerja sesuai kendali.

Jika busi sudah terlihat kotor, kalian bisa bersihkan terlebih dahulu. Namun, jika sudah tidak bisa diatasi maka sebaiknya segera menggantinya.

Baca Juga:4 Tips Bebas Stres Berkendara saat Macet, Solusi Ampuh Biar Ga Uring-Uringan di Jalan4 Tips Aman Liburan Pakai Sepeda Motor, Siapkan Perjalan Terbaik Kalian Sekarang Juga!

Busi sangat perlu untuk diperhatikan. Jika busi bermasalah, mesin dari motor kalian pun tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal.

Umumnya, busi biasa diganti jika motor telah menempuh jarak 20 ribu kilometer dan 50 ribu kilometer.

5. Kampas Rem

Kampas rem juga merupakan spare part penting untuk motor. Bagian ini berfungsi untuk melakukan kontrol terhadap kecepatan, juga untuk menghentikan motor.

Biasanya, kampas rem diganti saat motor telah menempuh hingga jarak 20 ribu kilometer. Namun, jika kampas rem sudah aus atau terlihat makin menipis, sebaiknya juga segera menggantinya.

Kampas rem bisa dikatakan komponen yang penting dan sangat vital bagi motor, sebab sangat berhubungan dengan keselamatan pengendara.

Bagaimana tidak, sering terjadi berbagai kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh rem, seperti karena rem blong.

0 Komentar