2 Tingkatan Love Bombing, Ketika Orang Menghujanimu Cinta untuk Memanipulasi

Tingkatan love bombing
Tingkatan love bombing. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Love bombing atau bom cinta adalah taktik di mana seseorang “membom” dirimu dengan tampilan perhatian dan kasih sayang yang ekstrem dengan maksud untuk memanipulasimu. Dalam hal ini, terdapat tingkatan love bombing yang berbeda dilihat dari banyaknya perhatian dan “cinta” yang diberikan kepadamu.

Meskipun dihujani dengan “cinta” bisa tampak positif di awal hubungan romantis, bom cinta bisa menyebabkan gaslighting dan pelecehan. Psikolog memperingatkan bahwa ini mungkin taktik yang digunakan oleh seorang narsisis atau sosiopat dalam upaya untuk mengendalikanmu.

Seperti Apa Rasanya Love Bombing?

Pada awal mengenal satu sama lain, kamu mungkin menganggap orang ini dalam hubunganmu sebagai orang yang menawan dan sangat perhatian. Orang ini akan memujimu secara berlebihan, memberi tahu dirimu bahwa dia memujamu, dan sering terlihat terlalu cepat terikat secara emosional (bom cinta sering terjadi pada awal suatu hubungan).

Baca Juga:Kenali Tanda dan 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terkena Gaslighting7 Tanda Orang Melakukan Gaslighting Kepadamu

Jika kamu menemukan dirimu memberi tahu temanmu bahwa pasanganmu tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mereka mungkin saja melakukannya.

Love bombing juga terjadi pada pasangan setelah mereka bertengkar hebat atau putus. Tidak ada yang salah dengan memberi seseorang kesempatan kedua, tetapi jika seseorang meremehkanmu, kemudian memohon maaf, berjanji tidak akan pernah terjadi lagi dan menawarkan isyarat yang berlebihan, seperti mengirimimu lima lusin mawar untuk menunjukkan betapa menyesalnya mereka, berhati-hatilah.

Terutama umum dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga, pelaku akan melakukan pelecehan, menegaskan kembali betapa mereka mencintaimu dan menggunakan taktik dramatis untuk mendapatkan rahmat baikmu lagi agar kamu tetap dalam hubungan. Bahayanya adalah pelaku membutuhkan kontrol dan siklus yang sama berulang. Mereka tidak mengubah perilaku kasar mereka dan kamu mungkin berada dalam bahaya.

Apa Saja Tingkatan Love Bombing?

Dua tingkatan love bombing. (Sumber: freepik.com)

Mari kita lihat tingkatan love bombing yang bisa dilakukan orang, termasuk kepadamu.

Idealisasi

Mengapa pengeboman cinta terasa begitu menyenangkan? Nah, pembom cinta menyapumu. Sangat menyenangkan dibanjiri dopamin, zat kimia yang membuat otakmu merasa nyaman. Seperti yang ditunjukkan oleh Dr. Amy E. Keller, PsyD, MFT, “Rasanya menyenangkan ketika calon kekasih baru mulai menggodamu atau membombardirmu dengan SMS, telepon, dan bunga.”

0 Komentar