Penting Banget! Inilah 7 Tips Aman Naik Motor untuk Wanita Berhijab, Solusi Riding Sehat dengan Selamat

Tips aman naik motor untuk wanita berhijab
Tips aman naik motor untuk wanita berhijab. (instagram/@dwiaffor)
0 Komentar

Jika terpaksa harus menggunakan motor bebek, pastikan gear dan rantai motor kalian punya pelindung atau cover agar hijab tidak tersangkut gear rantai dan menggulung.

3. Rajin Melihat ke Spion

Untuk tips aman naik motor untuk wanita berhijab selanjutnya yakni dengan rajin melihat spion. Mengapa demikian?

Dengan sering memantau keadaan lewat spion, kondisi hijab atau baju panjang yang menjuntai dan berpotensi membahayakan, bisa segera dirapikan.

Baca Juga:6 Tips Mudah Menabung untuk Beli Mobil Impian, Kalau Tidak Sekarang Kapan Lagi?4 Tips Bebas Stres Berkendara saat Macet, Solusi Ampuh Biar Ga Uring-Uringan di Jalan

Sebab, pakaian yang berkibar panjang ke bawah, berisiko terlilit di roda maupun bagian lain pada motor kalian. 

Jika kondisi hijab terlihat mengapung-ngapung dan menjuntai, segera atur kembali posisinya agar aman dan tidak membahayakan.

4. Atur Kecepatan Berkendara

Selanjutnya, buat kalian para hijabers sebaiknya tidak memacu motor dalam kecepatan tinggi. sebab, angin berpotensi membuat hijab atau pakaian berkibar dan malah berbahaya.

Pastikan kalian berkendara dalam kecepatan rendah, maksimal sekitar 40 kpj saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko buruk akibat jilbab yang menjuntai.

5. Atur Posisi Tangan dan Kaki

Tips berikutnya, posisikan tangan dan kaki kalian pada posisi yang aman serta nyaman untuk mengendarai motor.

Pastikan tangan dan kaki tetap rileks tapi bisa responsif ketika mengemudi. Jangan lupa untuk memakai sepatu yang kuat serta nyaman, serta sarung tangan.

6. Pastikan Lampu Sen dan Rem Bisa Terlihat Orang Lain

Kemudian, untuk tips selanjutnya pastikan pakaian tidak menutupi lampu sen maupun lampu rem di bagian belakang.

Baca Juga:4 Tips Aman Liburan Pakai Sepeda Motor, Siapkan Perjalan Terbaik Kalian Sekarang Juga!Yuk, Pahami Pentingnya Safety Riding bagi Pengendara Motor dengan 5 langkah Dasar Berikut!

Kalau sampai pengguna jalan lain tidak bisa melihat lampu sen atau lampu rem yang menyala, tentu sangat berbahaya.

Oleh sebab itu, sebelum berkendara rapikan dulu baju yang dipakai, terlebih kalau mengenakan pakaian panjang, agar tidak menjuntai hingga ke bagian belakang motor.

7. Tetap Memakai Safety Gear

Tips aman naik motor untuk wanita berhijab yang terakhir yakni dengan tetap mengenakan safety gear saat berkendara diatas motor.

Berhijab bukanlah alasan untuk mengabaikan perlengkapan keselamatan berkendara, termasuk helm standar SNI.

Pilihlah helm yang sedikit longgar untuk memberikan ruang bagi hijab kalian. Hal ini tentunya juga agar terasa nyaman ketika digunakan. Jangan lupa juga untuk mengaitkan tali helm.

0 Komentar