Usahakan secepat mungkin menanggapi pertanyaan atau keluhan pelanggan yang masuk via chat, agar tidak menimbulkan spam chat yang berlebihan. Selalu gunakan bahasa yang sopan, jelas, serta mudah dimengerti oleh pelanggan.
Pahami dengan baik masing-masing kebutuhan pelanggan. Praktekan cara no. 3 tadi, agar sebisa mungkin semua permintaan dari pelanggan bisa ditanggapi dan terselesaikan dengan tepat. Sesuai kurun waktu yang sudah ditentukan.
Jangan takut untuk berkata tidak tahu jika memang ada hal-hal yang membutuhkan konfirmasi dengan atasan atau unit lain. Dengan catatan, beri solusi lain atau pengertian kepada pelanggan agar berkenan menunggu untuk penyelesaian masalahnya.
Baca Juga:3 Manfaat Lilin Aromaterapi, Solusi Healing Tanpa RibetGawat Inilah Faktor Penyebab Stress Nomor 1 Bukan Masalah Asmara, Yuk Cegah Mulai Sekarang!
Di akhir sesi, mintalah saran dan masukan yang dapat membangun perusahaan kedepannya. Bisa dengan meminta feedback kepada pelanggan untuk mengisi survei-survei kepuasan. Pengisian survei bisa digunakan sebagai laporan kinerja dan bukti kepuasan pelanggan terhadap profesionalitas kinerja sebagai Customer Service.
Nah, itulah beberapa cara untuk meningkatkan profesionalitas sebagi Customer Service.
Kemampuan dasar berkomunikasi yang baik sebagai Customer Service akan sangat berguna dikehidupan sehari-hari. Dimana sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu berhubungan dengan individu lain dan butuh mengomunikasikan banyak hal dengan sesama. Semoga bermanfaat! (*)
Sumber gambar: Image by Freepik