Terapkan 3 Magic Word ini! Simak Pentingnya Bertutur Kata Baik dan Anjurannya dalam Islam

Bertutur Kata Baik
Ilustrasi bertutur kata baik dalam menjalin komunikasi. (freepik)
0 Komentar

Dikutip dari tafsirweb.com, Hasan al-Basri memberi penjelasannya terkait ayat ini, bahwa di dalam perkataan yang baik mengandung amr ma’ruf nahi mungkar. Yang berarti, setiap perkataan yang baik pasti mengandung ajakan untuk kebaikan, dan pencegahan terhadap yang munkar.

Termasuk di dalamnya kandungan untuk bersikap santun, saling menghargai, dan sifat kasih untuk saling memaafkan. Ketika diucapkan pun akan membuat orang lain merasa nyaman dan menenangkan hati.

3 Contoh dan Fungsi Magic Word

1. Tolong

Kata tolong adalah salah satu magic word yang sering digunakan ketika sesorang membutuhkan bantuan atau peran orang lain dalam sebuah situasi.

Baca Juga:Efektif! 5 Cara Meningkatkan Profesionalitas sebagai Customer Service

“Tutup pintu itu!”, atau“Tolong sekalian tutup pintunya saat keluar nanti ya,.”Terlihat dua kutipan kalimat dengan maksud yang sama, namun dengan cara penyampaian yang sangat berbeda saat dipahami lebih dalam.

Kalimat pertama terkesan ketus dan asal menyuruh. Sedangkan kalimat kedua menunjukan sikap sopan santun saat meminta bantuan. Hanya dengan menambahkan satu kata “Tolong” akan membuat kesan lebih menghargai dan menghormati lawan bicara. Menunjukan sopan santun kita kepada penolong sebagai pihak yang membutuhkan pertolongan. Dengan menggunakan kata “Tolong” tidak akan menjatuhkan harga diri kita sedikitpun. Justru akan menambah nilai baik yang akan membuat orang lain balik segan dan mengharagi kita.

Penyampaian kalimat seperti contoh kalimat pertama, tanpa sadar sering kali bisa menyinggung bahkan menyakiti hati orang lain, karena terkesan memerintah dan kurang menghormati lawan bicara. Dalam riwayat Muslim disebutkan:

إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ، يَنْزِلُ بِهَا فِي النَّارِ أَبْعَدَ مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

“Sesungguhnya seorang hamba mengucapkan kalimat tanpa dipikirkan terlebih dahulu, dan karenanya dia terjatuh ke dalam neraka sejauh antara timur dan barat.” (HR. Muslim no. 2988).

Maka, jangan asal dalam berbicara dan memerintah. Apalagi saat berada di posisi sebagai orang yang membutuhkan pertolongan. Karena setiap manusia akan mendapat balasan atas perbuatan yang dilakukan.

2. Maaf

Magic word yang kedua adalah “Maaf”. Kata “Maaf” biasa digunakan saat seseorang sengaja/tanpa sengaja melakukan kesalahan. Jangan menunggu berbuat hal besar untuk minta maaf, sekecil apapun kekeliruan yang dibuat usahakan selalu katakan “Maaf” setelahnya.

0 Komentar