RADARPEKALONGAN.ID – Perkembangan komponen sistem Honda matic ABS kini makin kesini makin canggih. Kecanggihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan daripada produk motor yang dijual.
Keselamatan pengguna menjadi penting sekali apalagi kalau cuaca sedang dalam kondisi tidak bersahabat. Sering sekali terjadi kondisi dimana mesin motor ngepot atau selip.
Pengereman yang mendadak akan membuat pengguna atau pengendara terjatuh. Hal ini akan rawan sekali terjadi kecelakaan pribadi.
Baca Juga:Keunggulan Motor Matic XDV 250 Adventure yang Lebih Gagah dari Honda ADV 160Setara dengan Honda, Kini Fitur Terbaru XDV 250i Sudah Ada Sistem Pengereman ABS
Maka Anti-lock Brake System atau ABS memiliki beberpa fungsi sistematis dalam melindungi pengendafra dari potensi kecelakaan. Bahkan sejak produksi motor ini akan dipasarkan kepada seluruh konsumen di Indonesia.
Cara Kerja Pengereman ABS
Cara Kerja Pengereman ABS (suzuki.co.id)
Secera sederhananya sistem ABS ini akan bekerja dengan membaca perbedaan kecepatan yang menurun secara mendadak. Lalu mengabarkan ke sistem ECU lalu ke modulator dan menghidupkan solenoid.
Nah saat rem ditarik oleh tangan si pengendara inilah akan terjadi proses pengurangan, penahanan, dan peningkatan apa yang dinamakan fluida. Pros ini berlangsung selama 15-50 kali per detik. Motor pun ketika terjadi penurunan secara mendadak tetap bisa dikendalikan dengan baik.
Komponen Sistem Honda Matic ABS
Komponen Sistem Honda Matic ABS (astra-honda.com)
1. Master Silinder
Komponen sistem Honda Matic ABS ini bekerja dengan mengkonversi gerakan pedal dan mekanis. Master yang bekerja akan mendorong minyak rem.
Kemudian secara otomatis minyak rem ini akan disalurkan ke dalam pompa ABS. Inilah yang menjadikan pengereman mendadak tapi tetap membuat nyaman si penggunanya. Selain itu tidak menghadilkan gerakan yang berbahaya.
Baca Juga:Ternyata Bukan Produk Honda, Motor Matic Sport XDV 250i Milik Perusahaan Motor Asal MalaysiaInilah Fitur Honda Vario 160 Canggih nggak Kalah dengan Matic XDV 250
2. Katup Hidrolik Control Valve
Katup Hidrolik Control Valve motor ABS (astra-honda.com)
Ada tiga katup yang akan bekerja dengan maksimal. Katup satu berfungsi untuk memaksimalkan tekanan pada minyak rem.
Katup kedua untuk menghalangi minyak rem agar tidak tersaurkan ke rem. Katup ketiga Berfungsi dobel yaitu menghalangi dan mengembalikan tekanan yang ada pada pompa rem agar bisa bekerja dengan baik lagi.