Anak Otomotif Wajib Tahu! Ini 8 Komponen Sistem Honda Matic ABS yang Lagi Trend

Komponen Sistem Honda Matic ABS
Komponen Sistem Honda Matic ABS (astra-honda.com)
0 Komentar

3. ABS Pump

ABS Pump (suzuki.co.id)

Komponen Sistem Honda Matic ABS ini berfungsi untuk mengembalikan ke semula kembali tekanan hidrolik pada silinder roda. Karena sebelumnya benar-benar ditutup rapat agar tidak terjadi pengereman mendadak yang membahayakan bagi pengendaranya.

Ketika roda berhasil berputar kembali. maka tekanan hidrolik dapat mengembalikan ke posisi semula secara cepat. Karena sebelumnya tekanan pada roda tersebut benar-benar terhenti.

4. ABS Control Module

Komponen Sistem Honda Matic ABS ini tugasny6a mengatur kapan interval harus ditutup atau dibuka. ABS Control Module juga bekerja secara ganda dengan berdasarkan data yang dikirim dari sensor.

Baca Juga:Keunggulan Motor Matic XDV 250 Adventure yang Lebih Gagah dari Honda ADV 160Setara dengan Honda, Kini Fitur Terbaru XDV 250i Sudah Ada Sistem Pengereman ABS

Kemudian secara otomatis memberi perintah kepada aktuator. Valve dan ABS pump. Berfungsi secara baik dalam memberi perintah ke akuator.

5. Speed Sensor

Sensor yang terpasang pada motor produk Honda tipe ABS dengan afektif membaca kecepatan perputaran. Baik perputaran roda belakang maupun depan. Komponen Sistem Honda Matic ABS inilah yang mengirimkan langsung modul ABS.

6. Wheel Cylinder

Tekanan hidrolik yang ada di rem merupakan Komponen Sistem Honda Matic ABS yang penting. Karena gerekan mekenisnya akan mendorong kampas rem dengan menjepit cakram.

7. Hidrolik Brake Channels

Komponen Sistem Honda Matic ABS yang satu ini fungsinya untuk jalur aliran minyak rem dimana akan mengalir dari master silinder ke silinder roda.

ABS rem ini merupakan sistem yang bekerja secara eletronik dengan membuat putaran roda tak terkunci. Karena kalau terkunci di daerah licin akan membuat selip atau tergelincir.

8. Indikator ABS

Selanjutnya motor matic dengan sitem pengereman ABS ini akan menyalakan lampu pada panel speedometer. Jadi kamu akan mengetahui tandanya apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Kalau indikator ABS menyala berarti bekerja walau tanpa anti-lock. Indikator menyala tapi kedip-kedip berarti tandanya ban tidak menyentuh bagian tanah.

Baca Juga:Ternyata Bukan Produk Honda, Motor Matic Sport XDV 250i Milik Perusahaan Motor Asal MalaysiaInilah Fitur Honda Vario 160 Canggih nggak Kalah dengan Matic XDV 250

Kalau terjadi seperti itu putar kunci motor dalam kondisi (off). Lalu putar lagi ke posisi menyala (on). Tenang saja indoikator akan mati secara otomatis setelah laju motor 30 km/jam.

Itulah Komponen sistem Honda Matic ABS yang bermanfaat buat pengendara. Potensi kamu tergelincir di jalanan licin bisa dihindarkan. (*)

0 Komentar