Mengapa Orang Memberikan Nasihat yang Tidak Diminta? Ini 5 Alasannya!

Nasihat yang tidak diminta
Nasihat yang tidak diminta. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Wawasan hebat bisa datang dari meminta nasihat dari teman tepercaya dan perhatian. Demikian pula, polling sekelompok orang—bahkan orang asing—untuk saran dapat memberikan berbagai ide yang berguna. Namun terkadang orang memberikan nasihat yang tidak diminta oleh penerimanya.

Ibu baru, mahasiswa, dan orang-orang yang bekerja dengan masyarakat mungkin lebih rentan untuk mendapatkan nasihat yang tidak diminta. Namun, siapa pun dapat menerima saran yang tidak diminta, dan itu tidak selalu terasa membantu. Bahkan, nasihat yang tidak diminta berpotensi menimbulkan stres.

Ketika seseorang menawarkan pendapatnya tentang apa yang dapat kamu lakukan secara berbeda, terkadang itu terasa seperti kritik. Dalam beberapa situasi, pemberi saran tidak menghakimimu, tetapi merasa defensif dapat membuat saran tersebut terasa seperti kritik.

Baca Juga:Jangan Sepelekan! Ini 5 Manfaat Dukungan Sosial untuk Kesehatan MentalMengenal Istilah Thinspo, Promosi Kelangsingan yang Bisa Menyebabkan Gangguan Makan

Di lain waktu, pemberi nasihat benar-benar menilaimu dan perasaanmu tepat. Plus, stres dapat bertambah jika pemberi nasihat tersinggung jika nasihat mereka tidak diterima dan diikuti. Ketika saran tersebut tidak terasa benar bagimu atau kamu menolaknya, hal ini dapat menempatkanmu pada posisi yang sulit dan menimbulkan rasa frustrasi dan bahkan kebencian di kedua sisi.

Mengapa Orang Memberi Nasihat yang Tidak Diminta

Orang memberi nasihat karena berbagai alasan, beberapa di antaranya bermaksud baik, yang lain kurang begitu. Kuncinya adalah mampu membedakannya. Memahami motif seseorang bisa sangat membantu.

Karena sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dengan saran yang tidak diminta, ada baiknya untuk memeriksa dari mana asalnya.

Berikut ini adalah beberapa alasan umum yang membantu dan tidak membantu orang terpaksa memberikan nasihat yang tidak diminta.

Motif Bermanfaat

Apakah nasihat itu cocok atau tidak dengan nilai-nilaimu atau situasi tertentu, motif-motif ini umumnya terasa lebih baik daripada yang lain. Berikut adalah beberapa hal positif yang memotivasi orang untuk menawarkan nasihat yang tidak diminta.

Altruisme

Seringkali, orang menawarkan nasihat hanya karena mereka pikir mereka dapat membantu, dan mereka ingin membuat hidupmu lebih mudah. Motif mereka altruistik. Mungkin ada sesuatu yang menurut mereka akan sesuai dengan situasi atau kepribadianmu, dan mereka memberikan saran tentang cara meningkatkan kehidupanmu atau mengurangi stres, terutama jika kamu berbicara dengan mereka tentang suatu masalah.

0 Komentar