Mengapa Orang Memberikan Nasihat yang Tidak Diminta? Ini 5 Alasannya!

Nasihat yang tidak diminta
Nasihat yang tidak diminta. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Keramahan

Terkadang orang asing menawarkan nasihat yang tidak diminta sebagai cara untuk memulai percakapan. Atau seorang teman memberi nasihat untuk menjalin hubungan. Teman sering menganggap mereka dapat membantumu dengan menawarkan solusi, meskipun kamu tidak memintanya. Jenis nasihat ini bermaksud baik dan sering kali dapat membantu.

Kegembiraan

Di lain waktu, saran yang tidak diminta datang dari mereka yang telah menemukan sesuatu yang sesuai untuk mereka, dan mereka ingin membaginya dengan dunia. Mereka melihat situasimu sangat cocok untuk kebijaksanaan yang memberi dampak positif pada kehidupan mereka. Mereka mungkin berbagi karena mereka berharap seseorang memberi tahu mereka lebih cepat.

Juga umum bagi orang-orang yang menghadapi tantangan yang sama dengan yang kamu hadapi untuk menawarkan solusi atau saran, terutama jika menyangkut hal-hal yang berhasil bagi mereka. Akibatnya, mereka menganggap solusi mereka akan menguntungkanmu dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan untuk mereka, dan mereka tidak sabar untuk membaginya denganmu.

Motif yang Kurang Membantu

Baca Juga:Jangan Sepelekan! Ini 5 Manfaat Dukungan Sosial untuk Kesehatan MentalMengenal Istilah Thinspo, Promosi Kelangsingan yang Bisa Menyebabkan Gangguan Makan

Motif-motif ini, meski umumnya tidak berbahaya, bisa terasa kurang positif dan bermanfaat. Terkadang nasihat ini relevan dengan situasimu, tetapi seringkali tidak. Berikut adalah beberapa contoh nasihat yang diberikan dengan motif yang kurang membantu.

Kebutuhan

Terkadang orang menawarkan nasihat yang tidak diminta karena kebutuhan mereka sendiri. Meskipun mereka mungkin memiliki banyak pengetahuan di bidang tertentu yang berkaitan dengan situasimu, motivasi mereka untuk berbagi semuanya salah—mereka tidak melakukannya untukmu, tetapi untuk diri mereka sendiri.

Alih-alih altruistik, mereka membagikan nasihat mereka agar merasa dihargai, kuat, dan penting.

Ketidakberdayaan

Terkadang, saat kamu berbagi perasaan dan frustrasi dengan seorang teman, mereka termotivasi untuk membantu dirimu memecahkan masalah dan mungkin menganggapmu tidak berdaya. Jika kamu benar-benar mencari bantuan, bagus. Tetapi jika kamu hanya menginginkan telinga yang mendukung atau sedikit validasi, kamu mungkin perlu mengomunikasikan bahwa hanya itu yang kamu cari.

Banyak orang tidak dapat membedakan antara berbagi dan mencari nasihat, sehingga mereka selalu default pada pemberi nasihat.

0 Komentar