Dan Satuan Pendidikan yang sudah mulai mengimplementasi Kurikulum Merdeka dengan kategori mandiri berubah menjadi mandiri berbagi dapat melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan ketentuan sebagai berikut:
- PAUD pada peserta didik usia 4 (Empat) sampai dengan 6 (enam) tahun;
- SD/MI/Sederajat mulai kelas I,II,IV dan V;
- SMP/Mts/ Sederajat mulai dari kelas VII dan VIII; dan
- SMA/MA/SMK/MAK sederajat mulai dari kelas X dan XI
Kurikulum Merdeka menjadi salah satu kurikulum pilihan yang ditawarkan pada tahun ajaran 2023/2024 yang dapat memberikan keleluasaan pendidik dalam menciptakan pembelajaran yang lebih berkualitas dengan menyesuaikan kebutuhan dan lingkungan siswa. Pendidik juga harus sudah tahu 4 alur memahami Kurikulum merdeka belajar yang akan di terapkan di satuan pendidikan masing-masing.
4 Alur Memahami Kurikulum Merdeka Belajar:
Satuan pendidikan pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka yang sudah ditunjuk dan sudah mulai melaksanakan kurikulum merdeka, alahkah lebih baiknya jika satuan pendidikan juga dapat mengetahui 4 alur memahami kurikulum merdeka belajar agar dalam melaksanakan kurikulum sesuai dengan alurnya, adapun 4 alur itu adalah sebagai berikut:
Baca Juga:Wajib Nih Bagi Mahasiswa! Daftar Beasiswa Daerah untuk Negeri 2023, Ini PersyaratannyaPendaftaran Beasiswa Perintis 2024 Telah Dibuka, Pelajar Kelas 12 SMA Sederajat Wajib Daftar!
1. Memahami Garis Besar Kurikulum Merdeka
Alur pertama, Pahami regulasi Kurikulum Merdeka yang berlaku dan perkaya wawasan melalui berbagai kebijakan yang masih berlaku dan panduan yang disusun oleh para perancang dan pengembang kurikulum. Pelajari Kajian Akademik Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran, yang mana kajian akademik ini dapat menjelaskan latar belakang, landasan empiris, dan kerangka konseptual yang digunakan dalam merumuskan kebijakan kurikulum dan merancang kurikulum merdeka. Kajian Akademik dapat mencakup strategi implementasi kurikulum baru, sebelum isu yang berpengaruh atas keberhasilan dari setiap kebijakan pendidikan.
2. Memahami Pembelajaran dan Asesmen
Alur yang kedua yakni dapat memahami panduan pembelajaran dan asesmen sebagai berikut:
a. Prinsip pembelajaran dan asesmen
b. Pembelajaran sesuai dengan tahapan peserta didik
c. perencanaan pembelajaran dan asesmen (termasuk alur tujuan pembelajran)
d. Merencanakan Pembelajran
e. Pengolahan dan pelaporan hasil asesmen
3. Memahami Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
Alur yang ketiga yakni dapat memahami panduan pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikann sebagai berikut: