a. Analisis Karakteristik satuan pendidikan
b. Penyusunan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan
c. pengorganisasian pembelajaran
d. Perencanaan pembelajran
e. Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional
4. Memahami Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Alur yang terakhir yakni dapat memahami panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila dengan sebagai berikut:
a. Menyiapakan ekosistem sekolah
b. Mendesain projek penguatan profil pelajar Pancasila
c. Mengelola projek penguatan profil pelajar Pancasila
d. Mengolah asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar pancasila
e. Evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila
Dari keempat alur tersebut, satuan pendidikan diharapkan sudah mampu kenali 4 alur memahami Kurikulum Merdeka Belajar yang dapat di pelajari dan di implementasikan di satuan pendidikan masing-masing. (dsu)
Sumber Gambar: Image by brgfx on Freepik