68 Ulama dari Luar Negeri dan 3.500 Ulama dari Dalam Negeri Akan Jadi Peserta Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan

Peserta muktamar sufi internasional
Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid didampingi Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya dan Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Robertho menjelaskan tentang persiapan Muktamar Sufi Internasional di Kota Pekalongan, Senin (21/8/2023). (Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan)
0 Komentar

Aaf menambahkan, panitia saat ini terus memantapkan berbagai persiapan agar acara berjalan lancar. “Kita juga tetap berkoordinasi dengan protokol Kepresidenan. Ini persiapan sudah semakin mengerucut dan nanti akan ada rapat lagi untuk finalisasi semuanya,” ungkapnya.

Meski muktamar akan berlangsung dari 29 sampai 31 Agustus 2023, namun rangkaian acara akan dimulai dari Senin, 28 Agustus 2023. Diawali registrasi peserta di Gedung Kanzus Sholawat. Kemudian pada pukul 13.00–17.00 WIB dilaksanakan Kirab Merah Putih dan Parade Alutsista bertempat di Stadion Hoegeng. Kemudian pada malamnya, mulai pukul 19.30 WIB digelar Silaturahim Mursyid Thariqah di Gedung Kanzus Sholawat.

Pada Selasa (29/8/2023), pembukaan Multaqo Sufi Al-Alami atau Muktamar Sufi Internasional mulai pukul 08.30 sampai 12.00 WIB di Sahid Convention Center, Kota Pekalongan. Presiden Jokowi dijadwalkan membuka secara resmi acara muktamar.

Baca Juga:UIN Gus Dur Sukses Jadi Tuan Rumah Forum PTKIN Jawa Tengah, Cirebon dan PonorogoPCNU Kota Pekalongan Menggelar Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, H Muhtarom: Kita Adalah Pewaris Mental Pejuang

Diisi pula dengan sambutan oleh Ketua Panitia Pusat yakni Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Ada pula pengarahan ataupun sambutan dari Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya selaku Rois Aam JATMAN sekaligus Ketua World Sufi Assembly (WSA) dan sambutan perwakilan ulama atau masyayikh dari luar negeri. Sementara, Presiden Jokowi dijadwalkan membuka secara resmi Multaqo Sufi Al-Alami ini.

Masih di hari yang sama, mulai pukul 13.30 sampai sore harinya akan dilaksanakan sidang-sidang komisi (Komisi A, B, dan C) oleh para peserta dari luar negeri maupun dalam negeri di tiga lokasi berbeda.

Sidang Komisi dimaksud, rinciannya yakni: Sidang Komisi A, Tema Penguatan Peran Pendidikan dalam Menangkal Radikalisme dan Terorisme, bertempat di Hotel Santika Pekalongan. Sidang Komisi B, Tema Penguatan Ekonomi Kerakyatan dalam Menangkal Radikalisme dan Terorisme, bertempat di Hotel Howard Johnson Pekalongan. Lalu Sidang Komisi C, Tema Penguatan Pertahanan dan Keamanan dalam Menangkal Radikalisme dan Terorisme, bertempat di Gedung Aswaja Kota Pekalongan.

Pada Rabu (30/8/2023), akan diisi dengan Sidang Komisi dan Sidang Pleno lanjutan, bertempat di lokasi yang sama dengan sehari sebelumnya. Kegiatan ini akan berlangsung dari pagi hingga malam hari.Sedangkan penutupan Multaqo Sufi Al-Alami atau Muktamar Sufi Internasional ini akan dilaksanakan pada Kamis (31/8/2023).

0 Komentar