Bongkar P5 Kurikulum Merdeka: Pengertian, Keunggulan, Dimensi dan Elemen

Bongkar P5 Kurikulum Merdeka
Ilustrasi Bongkar P5 Kurikulum Merdeka (sumber gambar: kurikulum.kemdikbud.go.id)
0 Komentar

P5 atau yang biasa disebut sebagai Projek Penguatan Profil Pancasila merupakan sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan dapat diraih oleh peseta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Projek ini diselenggarakan pada satuan pendidikan dari PAUD sampai SMA/sederajat sebagai penanaman karakter pada pribadi peserta didik.

P5 sebagai upaya menjadikan pelajar sebagai penerus bangsa yang dapat memajukan bangsa, menjadikan unggul, serta produktif dengan mampu berpartisipasi dalam pembangunan global.

Baca Juga:Kenali 4 Alur Memahami Kurikulum Merdeka Belajar Lebih MendalamWajib Nih Bagi Mahasiswa! Daftar Beasiswa Daerah untuk Negeri 2023, Ini Persyaratannya

2. Keunggulan P5 Kurikulum Merdeka

Setelah tadi Bongkar P5 Kurikulum Merdeka, mari kita ketahu bersama keunggulan P5 dalam Kurikulum Merdeka.

Ada 3 Keunggulan P5 dalam penerapan Kurikulum Merdeka, yakni:a. Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikanb. Menjadi kompas bagi pendidik dan pelajar Indonesiac. Tujuan akhir segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan

3. Dimensi dan Elemen P5 Kurikulum Merdeka

Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka memiliki 6 Dimensi dan beberapa elem yang dapat diperdalam, Mari kita bongkar P5 Kurikulum Merdeka dari 6 Dimensi dan beberapa elemennya:

A. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia wajib kamu ketahui:

1. Akhlak beragama

2. Akhlak pribadi

3. Akhlak kepada manusia

4. Akhlak kepada alam, dan

5. Akhlak bernegara.

B. Berkebinekaan Global

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi 3 har berikut:

1. Mengenal dan menghargai budaya;

0 Komentar