Bongkar P5 Kurikulum Merdeka: Pengertian, Keunggulan, Dimensi dan Elemen

Bongkar P5 Kurikulum Merdeka
Ilustrasi Bongkar P5 Kurikulum Merdeka (sumber gambar: kurikulum.kemdikbud.go.id)
0 Komentar

2. Kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama; dan

3. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

C. Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari:

1. Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, serta

2. Regulasi diri.

D. Bergotong Royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah sebagai berikut:

1. Kolaborasi,

2. Kepedulian, dan

3. Berbagi.

E. Bernalar Kritis

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah:

1. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan,

2. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran,

3. Merefleksikan pemikiran dan proses berpikir, dan

4. mengambil keputusan.

Baca Juga:Kenali 4 Alur Memahami Kurikulum Merdeka Belajar Lebih MendalamWajib Nih Bagi Mahasiswa! Daftar Beasiswa Daerah untuk Negeri 2023, Ini Persyaratannya

F. Kreatif

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari:

1. Menghasilkan gagasan yang orisinal, serta

2. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

Pentingnya P5 bagi satuan pendidikan dalam mendidik peserta didik dalam membetuk siswa yang berkarakter sesuai dengan nilai-nila pancasila.

Dengan bongkar P5 Kurikulum Merdeka dari pengertian, keunggulan, dimensi dan elemen ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca yang sedang mencari tahu mengenai P5. (dsu)

Laman:

1 2 3
0 Komentar