Memahami Konsep Hablumminal Alam Bentuk Melestarikan Lingkungan, Berikut 4 Tahap yang Wajib Diamalkan

akibat tidak menjaga hablumminal alam sebagai bentuk nyata melestarikan lingkungan (freepik.com)
akibat tidak menjaga hablumminal alam sebagai bentuk nyata melestarikan lingkungan (freepik.com)
0 Komentar

Action itu haruslah muncul dari masing-masing individu, di mulai dari memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar tempat tinggal. Barulah Hablumminal Alam sebagai bentuk nyata melestarikan lingkungan bisa terealisasi dengan baik.

Hablumminal Alam Bentuk Melestarikan Lingkungan dalam al-Qur’an

Kondisi alam yang memburuk menjadi patokan bagaimana seharusnya kita memperlakukan alam. Kerusakan alam ini juga sudah disebutkan dalam QS. Ar-Rum: 41,

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Baca Juga:Penerapan Hablum Minallah dalam Kehidupan Sehari-hari, Simak 6 Cara Berikut!Sering Diamalkan, ini 5 Nilai Akhlak Terpuji dalam QS Al-‘Ashr

Pada ayat di atas, disebutkan manusia menjadi sebab adanya kerusakan pada alam. Kemudian didukung penjelasan pada ayat lain.

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman“. (QS. Al-A’raf [7]: 85).

Jelas sudah larangan untuk merusak ekosistem di bumi tempat kita tinggal. Ayat-ayat tersebut cukuplah menjadi rujukan kita untuk menjalankan hablumminal alam sebagai bentuk nyata melestarikan lingkungan. Tidak perlu muluk-muluk dengan aksi yang besar.

Berikut 4 Tahap Menerapkan Hablumminal Alam

Contoh hablumminal alam bentuk melestarikan lingkungan. (Image by Freepik)

Penerepan hablumminal alam sebagi bentuk melestarikan lingkungan bisa melalui 4 tahap sebagi berikut:

  1. Lingkungan Keluarga

Mulai dari hal-hal kecil dari lingkungan keluarga dengan mengadakan pengelolaan sampah yang baik dan benar. Menanam tumbuh-tumbuhan sebagai usaha reboisasi dalam lingkup kecil.

2. Lingkungan Masyarakat sekitar

Naik ke tingkat lingkungan RT dengan rutin gotong royong kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Dan masih banyak hal-hal bermanfaat yang bisa membantu dalam upaya melestarikan lingkungan.

3. Lingkungan Kerja

Baca Juga:Jangan Keliru! Ini Pengertian Akhlak dalam Islam dan Pengelompokannya4 Tahapan Perkembangan Kognitif pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Kemudian, penjagaan lingkungan juga bisa dari masing-masing profesi. Contoh sebagai pengusaha yang menghasilkan limbah, jangan sembarangan membuang limbah yang tidak bisa terurai. Tidak pula seenaknya menebang pohon, ataupun membabat lahan sehingga serapan air hilang dan menyebabkan banjir.

4. Lingkungan Bernegara

Pemberlakuan peraturan dan undang-undang seputar kelestarian lingkungan, serta penerapan sanksi dengan tegas kepada oknum-oknum yang dengan atau tanpa sengaja mencemari lingkungan dan melanggasr peraturan.

0 Komentar