Pentingnya Adab Kepada Rasulullah SAW. Ini 3 Cara Pokok yang Wajib Diterapkan!

pentingnya adab kepada rasulullah saw
pentingnya adab kepada rasulullah saw. (freepik.com)
0 Komentar

Mencintai Rasulullah SAW, berarti mencintai Allah. Termasuk orang yang baik imannya dengan senantiasa menghadirkan cinta yang besar untuk Baginda Rasulullah SAW.

  1. Mengikuti Rasulullah SAW

Mengimplementasikan cinta kepada Rasulullah SAW dengan mengikuti dengan menjalankan ajaran dan sunnah-sunnahnya. Maksudnya, apa yang telah Rasul ajarkan dan contohkan senatiasa kita amalkan, dan apa yang Rasulullah larang maka kita tinggalkan.

Akhlak Rasulullah SAW tidak diragukan lagi, Allah pun memuji kebaikan akhlak Rasul dan menjadikannya sebagai contoh teladan umat manusia. Seperti dalam QS. Al-Ahzab:21 yang artinya,

Baca Juga:3 Pengelompokan Hablum Minannas dan Urgensinya dalam Kehidupan BermasyarakatMemahami Konsep Hablumminal Alam Bentuk Melestarikan Lingkungan, Berikut 4 Tahap yang Wajib Diamalkan

“Sesunggguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah suri tauladan bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan dia banyak menyebut Allah” .

Sehingga, bentuk cinta kepada Rasulullah tidak sekedar pengakuan. Tetapi ada di dalamnya pembuktian dengan mengikuti ajarannya, mengamalkan sunnahnya, dan meninggalkan larangannya.

  1. Senantiasa bersholawat kepada Rasulullah SAW

Ada banyak sekali keutamaan dalam bersholawat kepada Rasulullah SAW bagi yang mengamalkannya. Allah SWT juga sudah memerintahkan hambanya untuk bersholawat, seperti dijelaskan dalam QS Al-Ahzab: 56,

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Bahkan saking pentingnya adab kepada Rasululah SAW dengan bershalawat, Allah akan ganti 10 kali lipat sholawat untuknya.

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR.Muslim)

Dengan kata lain, orang yang bersholawat akan diangkat derajatnya. Dan dengan bersholawat kita berharap bisa masuk ke dalam golongan orang-orang yang mendapat syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat.

Baca Juga:Penerapan Hablum Minallah dalam Kehidupan Sehari-hari, Simak 6 Cara Berikut!Sering Diamalkan, ini 5 Nilai Akhlak Terpuji dalam QS Al-‘Ashr

Saat tidak ada siapapun yang bisa membantu di hari kiamat nanti, maka syafaat Rasulullah yang bisa kita harapkan untuk menyelamatkan kita dengan izin Allah SWT.

Pentingnya adab kepada Rasulullah SAW untuk diamalkan secara terus menerus. Lantaran adab yang baik kepada Rasul ini, dan senantiasa bershalawat kepada Rasulullah SAW, berharap Allah menjadi Ridho memberi kebaikan dan keselamatan. Serta kelak temasuk golongan yang mendapat syafaat dan diakui sebagai umat Rasulullah SAW. (*)

0 Komentar