Ampuh! Ini 2 Cara Utama Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Umum

Kecemasan berbicara di depan umum
Kecemasan berbicara di depan umum. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Mintalah akomodasi. Akomodasi adalah perubahan pada lingkungan kerja yang membantu kamu mengelola kecemasan berbicara di depan umum. Ini mungkin berarti meminta podium, menyediakan sebotol air es, membawa perlengkapan audiovisual, atau bahkan memilih untuk tetap duduk jika diperlukan.

Jangan membuat skrip. Pernahkah kamu mengikuti pidato di mana seseorang membaca naskah yang telah disiapkan kata demi kata? Kamu mungkin tidak ingat banyak tentang apa yang dikatakan. Sebaliknya, siapkan daftar poin-poin penting di kertas atau kartu catatan yang bisa kamu rujuk.

Kembangkan rutinitas. Susun rutinitas untuk mengelola kecemasan pada hari pidato atau presentasi. Rutinitas ini akan membantu menempatkanmu dalam kerangka berpikir yang tepat dan memungkinkanmu mempertahankan keadaan rileks dan terhindar dari kecemasan berbicara di depan umum. Contohnya mungkin berolahraga atau berlatih meditasi pada pagi hari saat pidato.

Latihan dan Visualisasi

Baca Juga:5 Manfaat Kecemasan, Ternyata Ada Sisi Positifnya!Sederhana, Ini 5 Tips untuk Meredakan Kecemasan yang Melanda

Bahkan orang yang merasa nyaman berbicara di depan umum pun melatih pidatonya berkali-kali agar pidatonya benar. Melatih pidatomu 10, 20, atau bahkan 30 kali akan memberimu kepercayaan diri pada kemampuanmu menyampaikan dan meminimalisir kecemasan berbicara di depan umum.

Jika pembicaraanmu mempunyai batas waktu, tentukan waktumu selama latihan dan sesuaikan kontenmu seperlunya agar sesuai dengan waktu yang kamu miliki. Banyak latihan akan membantu meningkatkan rasa percaya dirimu.

Bersiaplah untuk pertanyaan sulit. Sebelum presentasimu, cobalah untuk mengantisipasi pertanyaan sulit dan komentar kritis yang mungkin muncul, dan persiapkan tanggapannya terlebih dahulu. Hadapi penonton yang sulit dengan memberi mereka pujian atau temukan sesuatu yang dapat kamu sepakati. Katakan sesuatu seperti, “Terima kasih atas pertanyaan penting itu” atau “Aku sangat menghargai komentarmu.” Sampaikan bahwa kamu berpikiran terbuka dan santai. Jika kamu tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaan tersebut, katakanlah kamu akan memeriksanya.

Dapatkan beberapa perspektif. Saat latihan lari, bicaralah di depan cermin atau rekam dirimu di ponsel pintar. Catat penampilanmu dan identifikasi kebiasaan gugup yang harus dihindari. Langkah ini paling baik dilakukan setelah kamu menjalani terapi atau pengobatan untuk mengatasi kecemasanmu.

0 Komentar