5 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Kamu Kehilangan Minat Terhadap Banyak Hal

Kehilangan minat
Kehilangan minat. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan mental. Misalnya, satu meta-analisis dari 34 penelitian menemukan bahwa insomnia secara signifikan meningkatkan risiko depresi. Jadi, jika kamu mengalami kesulitan karena kehilangan minat, pastikan dirimu mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik dan memberi dirimu sendiri banyak waktu setiap malam untuk mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup dan berkualitas.

Ambil Langkah Kecil

Meskipun tidak mungkin melakukan aktivitas yang biasa kamu nikmati dengan semangat yang sama seperti sebelumnya jika berada di situasi ini, melakukan hal-hal kecil setiap hari dapat membantu. Jika ada hobi yang dulu kamu sukai tetapi tidak lagi kamu minati, tantang dirimu sendiri untuk mempelajari sesuatu yang baru tentang hobi tersebut. Atau bagi proyek yang lebih besar menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan sisihkan sedikit waktu setiap hari untuk menangani satu hal saja.

Membuat Rencana

Meskipun sulit untuk menemukan inspirasi ketika kamu berada dalam situasi atau perasaan hilang minat pada segala hal, mungkin ada gunanya bagi Anda untuk membuat rencana tentang hal-hal yang ingin kamu lakukan di masa depan. Penelitian menemukan bahwa perencanaan masa depan, yang dikenal sebagai penanggulangan proaktif, dapat membantu meningkatkan ketahanan.

Baca Juga:5 Tips Menghadapi Perasaan Bosan dengan Kebiasaan, Buat Dirimu Lebih Bersemangat!5 Tanda Kamu Terjebak dalam Kebiasaan, Merasa Bosan dan Kehilangan Gairah

Memberi dirimu sendiri sesuatu untuk dinanti-nantikan dan mencari hal-hal yang membuat kamu lebih bersemangat dapat membantu dirimu dalam mengatasi kurangnya minat yang mungkin kamu rasakan saat ini.

Temukan Dukungan

Jika kamu merasa tidak tertarik sama sekali terhadap banyak hal, akan sangat membantu jika kamu memilih untuk meminta dukungan dari teman dan keluarga. Biarkan mereka tahu bahwa kamu sedang bergumul dengan situasi kurangnya minat ini.

Terkadang hanya menghabiskan waktu bersama orang lain dapat meningkatkan mood dalam dirimu. Antusiasme orang lain menular, jadi kamu mungkin memperhatikan bahwa minat mereka terhadap aktivitas berbeda juga mulai menular ke dirimu.

**AN

Referensi Verywellmind

0 Komentar