Temukan wajah yang ramah: Jika kamu merasa cemas, carilah salah satu temanmu di kelas (atau seseorang yang tampak ramah) dan bayangkan kamu hanya berbicara kepada orang tersebut.
Pertahankan Perspektif
Ingatlah bahwa siswa lain ada di pihakmu, itulah salah satu kunci public speaking bagi pelajar. Pikirkan tentang saat ketika kamu menjadi salah satu penonton dan siswa yang menyampaikan pidato atau presentasi terlihat gugup. Apakah kamu kurang memikirkan siswa itu? Kemungkinan besar, kamu merasa simpati dan ingin membuat orang tersebut lebih nyaman dengan tersenyum atau mengangguk.
Ingat—siswa lain umumnya ingin kamu sukses dan merasa nyaman. Jika karena alasan tertentu audiens tidak memihakmu atau kamu mengalami intimidasi atau pengucilan sosial karena public speaking bagi pelajar ini, pastikan untuk mendiskusikan hal ini dengan orang tua, guru, atau konselor.
Yakin
Baca Juga:8 Tips Dasar Public Speaking untuk Siswa, Jangan Lewatkan Ini!10 Kalimat untuk Narsisis Guna Menghindarkanmu dari Serangan Mereka
Terkadang mengetahui apa yang membuat pidato bagus bisa membantumu merasa lebih percaya diri dalam mempraktikkan public speaking bagi pelajar. Fokus pada beberapa elemen berikut dan praktikkan sebelum kamu harus berbicara di depan umum.
Kembangkan gayamu sendiri: Selain meniru pembicara yang baik, kembangkan gaya pribadimu sebagai pembicara publik. Integrasikan kepribadianmu ke dalam gaya berbicaramu dan kamu akan merasa lebih nyaman di depan kelas mempraktikkan public speaking bagi pelajar. Menceritakan kisah pribadi yang sesuai dengan tema Kamu adalah cara yang bagus untuk membuat siswa lain mengenalmu lebih baik.
Hindari kata-kata pengisi: Kata-kata seperti “pada dasarnya”, “baik”, dan “um” tidak menambah apa pun pada pidatomu. Berlatihlah diam ketika Kamu merasakan dorongan untuk menggunakan salah satu dari kata-kata ini.
Variasikan nada, volume, dan kecepatanmu: Pembicara yang menarik, termasuk dalam public speaking bagi pelajar, dapat memvariasikan nada (tinggi versus rendah), volume (keras versus lembut), dan kecepatan (cepat versus lambat) kata-katanya. Melakukan hal ini akan membuat teman sekelasmu tetap tertarik dan terlibat dengan apa yang kamu katakan.
Membuat hadirin tertawa: Tertawa adalah cara yang bagus untuk membuatmu dan siswa lain di kelasmu rileks, dan menceritakan lelucon dapat menjadi pemecah kebekuan yang hebat di awal pidato. Latihlah pengaturan waktu dan penyampaian leluconmu sebelumnya dan mintalah masukan dari teman. Pastikan bahwa mereka sesuai untuk kelasmu sebelum kamu mulai.