Yuk Berwisata Sambil Belajar! Inilah 6 Wisata Budaya dan Sejarah di Banyuwangi yang Wajib Masuk Daftar Tujuan Liburan

wisata budaya dan sejarah di Banyuwangi
Inggrisan Banyuwangi, markas militer dan penginapan pada jaman dulu (foto/ facebook)
0 Komentar

Misalnya ketika waktu panen raya tiba, masyarakat akan menyelenggarakan upacara panen dengan memainkan alat musik khas Suku Osing yang mana merupakan suku yang mendiami desa Kemiren.

Jadi bisa dikatakan desa ini merupakan tempat bagi kalian yang ingin berkenalan lebih jauh dengan masyarakat asli Banyuwangi.

Tidak hanya melihat berbagai tradisinya saja, di sini kalian juga bisa melihat rumah-rumah kuno khas Suku Osing yang sudah berusia hingga  raturan tahun.

Baca Juga:Wajib Banget Dikunjungi! Inilah 5 Tempat Wisata di Banyuwangi dengan Nuansa Unik dan MenarikTerkenal dengan Kehidupan Bawah Lautnya, Inilah 5 Daya Tarik Pantai Bangsring yang Memukau!

Desa ini juga kerapkali mengadakan parade atau festival yang diadakan setiap tahunnya. Salah satunya adalah Festuval Ngopi Sepuluh Ewu.

Jadi di festival tersebut berupa sepuluh ribu cangkir kopi yang biasanya tersedia di sepanjang jalan dan depan rumah warga yang mana bisa dinimkati oleh para pengunjung.

Kampung Wisata Temenggungan

Selain desa wisata Kemiren, masih ada lagi nih desa wisata yang ada di Banyuwangi. Tempat wisata tersebut bernama Kampung Wisata Temenggungan.

Kampung Wisata Temenggungan ini merupakan sebuah wisata budaya dan sejarah di Banyuwangi yang menggambarkan suasana jaman Hindia-Belanda.

Karena di sini kalian akan disuguhkan banyak sekali keindahan arsitektur rumah tua bernilai sejarah, sendratari, dan musih khas Banyuwangi.

Ketika berkunjung ke Kampung Wisata ini jangan lupa untuk mengunjungi sumur Sri Tanjung. Hal ini dikarenakan sumur Sri Tanjung ini merupakan sikal bakal sejarah nama kota “Banyuwangi” dibuat.

Inggrisan Banyuwangi

Wisata budaya dan sejarah di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Inggrisan Banyuwangi. Apa sih Inggrisan Banyuwangi itu? Apakah sebuah desa yang orang-orang menggunakan bahasa Inggris? Atau sebagian masyarakat merupakan orang Inggris?

Baca Juga:Unik dan Menarik , Inilah 4 Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Memiliki Kekhasannya Masing-MasingMengatasi Jerawat dan Mencerahkan Kulit, Inilah 8 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita, Wajib Dicatat!

Jadi, Inggrisan Banyuwangi ini merupakan bangunan bersejarah yang dibangun sekitar 1776-1811 silam dimana ketika masa penjajahan Belanda berlangsung.

Pada jaman dulu, Inggrisan Banyuwangi ini merupakan markas militer dan penginapan. Menariknya tempat ini juga pernah dijadikan sebagai kantor markas stasiun telegraf dunia.

Oleh karena itu, tak heran jika di sini kalian bisa melihat tujuh ruang yang tersembunti di bawah tanah dan deretan beberapa kamar kuno di bagian atas. Sangat  menarik untuk dikunjungi bukan?

0 Komentar