RADARPEKALONGAN.ID – Wow terungkap, ternyata ini alasan mengapa Yamaha RX-Z kalah pamor dengan saudaranya Yamaha RX-King, khususnya di Indonesia.
Padahal Yamaha RX-Z sendiri memiliki tampilan yang lebih sporty jika dibandingkan dengan RX-King, namun ternyata pamornya kalah.
Dulu pada tahun 1990 an pihak Yamaha Indonesia sempat memperkenalkan motor 2 tak dengan tampilan yang cukup sporty, yaitu Yamaha RX-Z.
Baca Juga:Edan Motor Yamaha RX-Z Laku dengan Harga 200 Juta, Kira-Kira Apa Ya Penyebabnya?Wow Menarik Inilah Spesifikasi Mobil Neta V, Dapat Menempuh Jarak 401 Kilometer, Bikin Pesaing Dikelasnya Ketar-Ketir!
Motor ini sendiri dulu pertama kali di rilis pada tahun 1989, dan diimpor secara utuh dan langsung dari Malaysia, atau biasa disebut dengan CBU Malaysia.
Memang kemunculan Yamaha RX-Z ini lahir dengan tampilan yang lebih modern jika dibandingkan dengan Yamaha RX-King.
Namun meskipun demikian, banyak orang yang tidak terlalu tertarik dengan Yamaha RX-Z ini diawal-awal peluncurannya, kira-kira kenapa ya?
Inilah penyebab Yamaha RX-Z kalah pamor dengan Yamaha RX-King
Posisi berkendara yang ditawarkan oleh Yamaha RX-Z kepada para pengendaranya berbeda dengan pengendara Yamaha RX-King.
Sebab para pengendara Yamaha RX-Z harus menundukan badannya, hal ini karena khas ergonomic sebuah motor sport.
Kemudian bore up yang digunakan pada mesin Yamaha RX-Z dengan Yamaha RX-King juga berbeda, untuk mesin Yamaha RX-Z sendiri menggunakan bore up 56 mm dengan stroke 54 mm.
Sedangkan pada Yamaha RX-King menggunakan bore up 58 mm dengan dipadukan langkah piston sebesar 50 mm.
Baca Juga:Dijamin Gak Ada Kembarannya Mobil Neta V 2023, Menawarkan Tampilan Unik dan Menarik!Miliki Bibir Seperti Artis Korea Inilah Cara Mudah Membuat Bibir Cerah Merona Alami, Nomor 1 Pakai Mentimun!
Namun meskipun demikian sebenarnya kedua motor ini memiliki kapasitas mesin yang sama, yaitu sama-sama dibekali dengan mesin berkapasitas 135 Cc.
Sementara itu yang membedakannya juga terletak pada transmisi, dimana Yamaha RX-Z ini memiliki transmisi 6 percepatan, dengan posisi membran yang mengarah langsung ke karter.
Kemudian pada lubang porting blok silindernya, motor RX-Z ini diberikan lubang yang lebih banyak dibandingkan dengan Yamaha RX-King.
Hal inilah yang menjadikan motor RX-Z dengan Yamaha RX-King memiliki karakter yang cukup berbeda, sebab untuk motor RX-Z sendiri menawarkan karakter yang cukup sangar di putaran atas, sedangkan saudaranya Yamaha RX-King kebalikannya, tenaganya meledak ketika di putaran bawah.
Nah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh motor RX-Z ini dan tidak dimiliki oleh Yamaha RX-King adalah, sudah menggunakan teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System).