Bebaskan Kamu dari Kecanduan Ponsel, 5 Cara Membantumu Melepaskan Diri

Kecanduan ponsel
Kecanduan ponsel. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Pilih Pengalaman Nyata Daripada Pengalaman Virtual

Buatlah pilihan secara sadar untuk mendapatkan pengalaman nyata daripada pengalaman virtual. Daripada mencari informasi di internet, pergilah ke perpustakaan dan beli buku. Daripada bermain video game, bergabunglah dengan tim atau klub catur. Keluarlah untuk melihat penghibur langsung, daripada menonton semuanya secara online.

Kamu mungkin menyukai kesederhanaan dan efisiensi melakukan segala sesuatu dari ponselmu, namun ini tidak akan memberimu pengalaman terbaik atau paling bermakna.

Ini akan meningkatkan kesehatan fisik dan mentalmu, serta mengurangi pola perilaku adiktif atau kecanduan ponsel. Dan kamu mungkin mendapati dunia nyata lebih dinamis, memiliki banyak segi, dan menyenangkan dibandingkan dunia maya.

Simpan Kamar Tidur untuk Tidur dan Seks

Baca Juga:3 Elemen Etika di Internet, Kamu Harus Tahu!Netiket: Ini 4 Aturan Etika yang Harus Ditaati dalam Aktivitas Internet

Komponen utama dari kebiasaan tidur yang baik, menjaga kamar tidurmu untuk tidur dan berhubungan seks, dan meninggalkan ponselmu di ruangan lain di rumah tidak hanya akan meningkatkan kualitas tidurmu.

Ini akan mengurangi kemungkinan SMS dan telepon mengganggu waktu pribadimu. Dan jika kamu bergantung pada ponsel untuk melakukan sexting, pornografi internet, atau aktivitas cybersex lainnya dengan pasanganmu yang sah sekalipun, kehidupan seksmu mungkin sedang menuju masalah.

Hargai Ruang Kosong di Hari Kamu

Salah satu alasan kita menjadi ketergantungan atau kecanduan ponsel adalah karena sangat mudah untuk mengeluarkannya setiap kali kamu memiliki ruang kosong di harimu.

Konsekuensi yang disayangkan dari hal ini adalah kamu akan merasa seperti membuang-buang waktu setiap kali kamu tidak memeriksa email saat kamu tidak melakukan aktivitas lain. Namun ruang kosong itu penting untuk merasa nyaman dengan diri sendiri, dan proses menjadi diri sendiri, yang merupakan bagian penting dari kesehatan mental. Gunakan waktu ini untuk melatih kesadaran atau teknik relaksasi lainnya.

Tetapkan Batasan Kamu Sendiri

Daripada secara otomatis berpikir kamu harus selalu membawa ponsel dan terus kecanduan ponsel, tetapkan batasan kapan kamu akan atau tidak akan melihatnya.

Sengaja tinggalkan hal itu di luar jangkauan ketika kamu benar-benar lebih suka fokus pada bagian lain dari pengalamanmu. Kamu selalu dapat membalas panggilan atau membalas email nanti.

0 Komentar