8 Amalan sebelum Tidur yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Menjadikan Tidur sebagai Ibadah

amalan sebelum tidur yang dianjurkan Rasulullah
ilustrasi amalan sebelum tidur yang dianjurkan Rasulullah (freepik.com)
0 Komentar

  1. Membersihkan Tempat Tidur

Kebersihan sebagian dari Iman, menjadi slogan yang bagus diterapkan dalam segala hal. Orang beriman senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar suci dan layak untuk beribadah.

Hal ini juga menjadi amalan sebelum tidur yang dianjurkan Rasulullah SAW,

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:5 Manfaat Cahaya Redup saat Tidur, bagi yang Takut Gelap Lakukan Hal Ini!8 Cara Tidur yang Berkualitas: Efektif Meningkatkan Produktivitas Esok Hari

Dianjurkan untuk membersihkan kasur dengan cara mengebut atau mengibaskan potongan kain atau bisa juga dengan sapu lidi sembari melafalkan “Bismillah”. Tidak hanya untuk membersihkan debu, tapi juga menjaga kita dari hal negatif yang tak kasat mata.

  1. Berdoa Sebelum Tidur

Berdoa menjadi amalan sebelum tidur yang dianjurkan Rasulullah yang pasti sudah familiar di kalangan kita. Karena biasa diajarkan sejak masa kanak-kanak, yang disebut juga dalam sebuah hadis.

“Jika Nabi SAW ingin tidur, beliau membaca: “Allahumma bismika ahya wa bismika amut. (Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati).” Dan jika bangun beliau membaca: ‘’Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami akan kembali” (HR. Abu Dawud)

Dengan membaca do’a kita berpasrah kepada Allah, memohon penjagaanNya di saat terlelap. Berdo’a senantiasa menjadikan Allah yang diingat sebelum tidur, dan keesokan harinya saat terbangun.

  1. Tidur Miring Menghadap ke Arah Kanan

Terakhir amalan sebelum tidur yang dianjurkan Rasulullah SAW adalah dengan tidur miring ke arah kanan. Seperti disebutkan hadis pada poin pertama di awal pembahasan tadi bahwa,

“Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tidur miring ke arah kanan sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Dengan tidur miring ke arah kanan, akan mengurangi beban yang harus ditopan jantung sehingga aliran darah akan lebih lancar.

Baca Juga:4 Cara Mudah Hair Removal di Rumah Yang Bisa Kamu CobaTransformasi Bedak Tabur Marcks’ dari Masa ke Masa. Kenali 5 Varian Warnanya!

Pernapasan saat tidur juga akan lebih leluasa karena tidak ada tekanan pada paru-paru. Kemudian sangat bagus juga bagi sistem pencernaan. Dengan tidur miring ke arah kanan, lambung juga bisa beristirahat sehingga pengosongan lambung akan berjalan lebih optimal.

0 Komentar