8 Cara Tidur yang Berkualitas: Efektif Meningkatkan Produktivitas Esok Hari

cara tidur yang berkualitas
membiasakan cara tidur yang berkualitas (freepik.com)
0 Komentar

Berikut 8 Cara Tidur yang Berkualitas

Memiliki tidur yang berkualitas dapat diatur dan dibiasakan dengan beberapa cara,

  1. Durasi Tidur

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur yang ideal sekitar 7 sampai 8 jam. Maka ushakan sebisa mungkin untuk mencapai waktu tidur ideal tersebut. Cukupnya durasi tidur menjadi poin penting untuk membiasakan cara tidur yang berkualitas.

Saat semua pekerjaan beres dan sudah masuk jam tidur, segera akhiri kegiatan unfaedah seperti scroll hp konten random, atau begadang untuk hal-hal yang tidak ada manfaatnya.

Baca Juga:4 Cara Mudah Hair Removal di Rumah Yang Bisa Kamu CobaTransformasi Bedak Tabur Marcks’ dari Masa ke Masa. Kenali 5 Varian Warnanya!

Gunakan jam istirahat dengan maksimal jangan biarkan distraksi yang tidak bermanfaat masuk dan mengganggu. Tetapkan jam tidur dan jam bangun yang konsisten agar dengan sendirinya lama kelamaan tubuh akan memberi sinyal di saat sudah memasuki jam tidur.

  1. Atur Waktu Tidur Siang

Tidur siang juga diketahui baik untuk tubuh, namun jangan sampai jam tidur siang kita mengganggu istirahat malam. Karena biasanya, semakin lama tidur siang yang dilakukan, rasa kantuk di malam hari juga akan berkurang, dan memengaruhi jam tidur malam.

Lakukan tidur siang secukupnya sekitar 30 – 60 menit saja. Agar istirahat malam yang meemiliki andil besar dalam menyelaraskan antara pikiran, hati, dan tubuh, tetap bisa berjalan dengan teratur dan cukup.

  1. Olahraga Teratur

Salah satu dampak olahraga adalah dapat meningkatkan kualitas tidur agar bisa lebih nyenyak. Olahraga membantu tubuh melepaskan hormon penyebab stress, sehingga membuat tubuh lebih fokus dan konsentrasi dalam beraktifitas. Termasuk saat waktunya tidur.

  1. Atur Asupan Makan dan Minum

Menjelang tidur, baiknya tidak makan atau minum sesuatu yang berat. Setiap selesai makan usahakan minimal diberi jeda minimal 1 jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk memastikan pencernaan dan ginjal sudah berfungsi dengan baik.

Makanan atau minuan seperti kopi, merokok, juga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi menjelang jam tidur karean efeknya yang dapat membuat rasa kantuk hilang.

  1. Menjaga Kebersihan

Cara tidur yang berkualitas juga dapat diusahakan dengan membuat suasana kamar tidur yang nyaman. Kenyamanan ini tidak perlu dengan dekor yang bagus, ataupun furnitur yang mahal.

0 Komentar