6 Trik Jitu Memilih Ban Motor Berkualitas, Siap Menerjang di Segala Medan Jalan

Trik jitu memilih ban motor berkualitas
ilustrasi ban motor yang berkualitas (gambar: Instagram @fdrtire)
0 Komentar

Ukuran ban motor bebek memiliki ukuran yaitu, ban depan 70/90-17 dan ban belakang 80/90-17 ini ukuran standarnya. Rekomendasi ukuran ban motor standar yang pas digunakan jika pemakaian motor hanya dipakai untuk sehari-hari atau kebutuhan kerja saja.

Tetapi, apabila digunakan untuk mengangkut beban berat direkomendasikan perbesar ukuran ban motor dengan ukuran 80/90 ban depan dan 90/90 untuk ukuran ban motor belakang.

Jangan pernah memperkecil ukuran ban motor di bawah standar yang telah ditentukan. Hal itu dapat terjadi risiko kecelakaan saat berkendara. Faktor lainnya bisa jadi terkena razia polisi jika masih bersikukuh menggunakan ban motor di bawah standar.

Baca Juga:4 Pelindung HP Anti Air Terfavorit Versi Terbaik Tahun 2023, Cocok Saat Musim Hujan Bisa untuk Selfie dalam AirBukan Kaleng-kaleng! Harus Tahu, Ternyata Ini Kelebihan Supra X 125 Generasi 2008 yang Bikin Ngiler

2. Perhatikan Merek Ban Motor

Trik jitu memilih ban motor motor berkualitas yaitu dengan memperhatikan merek ban motor yang disesuaikan dengan kebutuhan. Karena di setiap merek ban motor tentu memiliki kualitas yang tidak sama.

Ada banyak merek dan itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contoh terdapat merek lokal ban motor yaitu merek FDR.

Sebaiknya meminta saran kepada pekerja toko ban motor ketika mau mengganti ban motor. Mana yang sebaiknya cocok dan pas di kendaraan roda. Masing-masing merek pasti mempunyai karakter ban motor yang berbeda-beda.

3. Perhatikan Tanggal Pembuatan Ban Motor

Perlu memperhatikan juga tanggal pembuatan ban motor. Semakin lama tanggal pembuatan maka akan mempengaruhi kualitas ban motor. Misal, karet ban yang lebih keras dan tampak kaku.

Sedangkan, tanggal pembuatan ban masih tergolong baru, ya tentu bisa dikatakan kualitas ban motor bisa dipercaya.

4. Perhatikan Corak Ban Motor

Corak ban atau kembangan ban salah satu fator yang perlu diperhatikan dalam meminang ban motor. Pilih corak ban yang mimiliki gaya stylish dan gagah. Tidak hanya itu, ternyata corak pada ban motor mempunyai fungsinya.

Alangkah baiknya memilih corak ban motor di bagian depan yang mempunyai garis tengah yang seakan membelah ban. Kenapa demikian, karena garis itu lah yang berguna untuk membalah disaat keadaan jalan basah.

Baca Juga:Supra X 125 Idaman Umat Harga Murah, Cek Harga Motor Bebek Bekas Dijamin Mesin BagusSimak Rekomendasi Teknologi Ramah Bagi Anak, Ada Smartphone Ramah Anak Harga 2 Jutaan, Orang Tua Wajib Tahu!

Kemudian, untuk kembangan pada bagian ban belakang tidak harus terdapat garis tengah, namun diusahan coraknya sama seperti pada bagian ban motor depan.

0 Komentar