Begini Cara Saya Merawat Motor Vario 125, Pantas Motor Saya Tetap Awet dan Hemat Bensin

merawat motor Vario 125-1
Begini cara merawat motor Vario 125 yang saya lakuakan. (Foto: astra-honda)
0 Komentar

Bagi yang belum tahu, idealnya oli motor injeksi harus diganti setiap 2 bulan sekali, atau ketika motor telah menempuh jarak 1.000 km.

Selain itu, jangan lupa untuk mengganti oli gear setiap 5.000 km untuk memaksimalkan kinerja gear motor injeksi yang Anda miliki.

3. Pilih Bahan Bakar Sesuai Spesifikasi yang Dianjurkan

Cara saya merawat motor Vario 125 adalah dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai spesifikasinya. Saat ini kebanyakan motor injeksi termasuk Vario 125 dianjurkan menggunakan bensin yang memiliki nilai oktan 90 atau lebih.

Baca Juga:Kata Siapa Motor Yamaha Boros? Begini Cara Mengendarai Mio M3 Agar Hemat Bensin dan WaktuHarga Infinix GT 10 Pro Benar-benar Gak Masuk Akal Murahnya! Auto jadi HP Incaran Para Gamer

Cara saya merawat motor Vario 125, isi bahan bakar yang sesuai spesifikasi mesin. (Foto: mypertamina)

Motor Vario 125 sendiri memiliki nilai kompresi 11:1 sehingga direrekomendasikan menggunakan bahan bakar dengan dengan nilai oktan diatas 90 yakni dengan RON 92-95 seperti Pertamax.

Pasalnya, bahan bakar dengan nilai 90 ke atas bisa membantu proses pembakaran motor injeksi kamu menjadi lebih sempurna. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi seperti Pertamax dari Pertamina.

Bahan bakar minyak produksi Pertamina ini memiliki nilai oktan sebesar 92. Dengan nilai ini, maka pembakaran mesin akan jadi lebih sempurna sehingga tidak meninggalkan residu yang bisa meninggalkan kerak.

Selain itu, Pertamax dari Pertamina juga memiliki formula PERTATEC (Pertamina Technology) yang memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin, sehingga mesin kendaraan terhindar dari karat, awet, serta membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien.

4. Servis Kendaraan Motor Secara Berkala

Berikutnya, Cara saya merawat motor Vario 125 adalah dengan melakukan servis kendaraan secara berkala. Idealnya, servis ini dilakukan setiap 3.000 km atau sesuai dengan buku petunjuk servis yang kamu miliki.

Namun, jika kamu sering menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan sehari-hari, tidak ada salahnya jika kamu melakukan servis setiap satu bulan sekali untuk menjaga agar performa mesin tetap prima.

Baca Juga:Dengan Harga Motor Viar Cross X 100 yang Murah, Menjadikannya Cocok untuk Hadiah Anak Maupun PonakanIni Dia 3 Cara Saya Mengendarai Honda Scoopy Agar Hemat Bensin dan Waktu

5. Kendarai Secara Bijak

Mengendarainya secara bijaksana adalah cara saya merawat motor Vario 125, namun cara ini masih jarang orang lakukan, padahal hal ini adalah hal wajib yang perlu kamu lakukan.

0 Komentar