Ledakan yang terjadi membuat piston mesin bergerak dari titik mati atas ke bagian titik mati bawah dan gerakan ini dilakukan secara berulang agar kruk as bergerak dan menghasilkan tenaga.
Langkah yang terakhir yakni langkah pembuangan atau langkah exhaust yakni proses yang terjadi setelah proses pembakaran terjadi.
Piston bergerak dari titik mati bawah ke posisi titik mati atas dan secara bersamaan klep buang terbuka dan membuang semua sisa pembakaran mesin tadi.
Baca Juga:Menjadi Primadona Saat Ini, Berikut 3 Tips Merawat Motor Matik agar Tidak RewelMengungkap 7 Fakta Motor Revo dan Alasan Motor Revo Disebut Motor Koperasi
Setelah itu sisa pembuangan dikeluarkan dari knalpot dan semua proses tadi diulangi kembali dari awal dan terus berulang selama mesin menyala
Mesin 2 Tak
Mesin 2 tak adalah mesin yang hanya menghasilkan 2 proses langkah di setiap putaran mesin nya berbeda dengan mesin 4 tak yang menghasilkan 4 langkah.
Proses pertama yang terjadi adalah piston bergerak keatas dan kemudian lubang saluran byang dan saluran bilas tertutup oleh piston dan bahan bakar akan tertahan di ruang bakar.
Saat piston mencapai titik mati atas selanjutnya terjadi proses pembakaran dikarenakan uap bensin yang terkena percikan api dari busi.
Langkah kedua ketika piston turun dari titik mati atas kemudian saluran buang akan terbuka dan membuang semua sisa pembakaran di dalam ruang bakar tadi.
Dalam posisi ini uap bensin baru akan masuk ke ruang bakar dan kemudian terus-menerus mengulang kedua langkah tadi agar mesin menghasilkan tenaga.
Jadi, Perbedaan antara mesin 2 Tak dan 4 Tak terletak di dalam perbedaan langkah dalam melakukan satu pembakaran di dalam ruang bakar. (jml)
SUMBER GAMBAR : Image by bearfotos on Freepik