Menikmati Kelezatan Mendoan Makanan Khas Banyumas, Resmi Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tahun 2021

kelezatan mendoan makanan khas Banyumas
foto kelezatan mendoan makanan khas Banyumas (Ig/dbas.foodstory)
0 Komentar

Penjual tempe mendoan juga banyak ditemukan di pasar atau warung-warung sayuran. Jika hendak membeli tempe ini, tinggal sebut saja “tempe mendoan” kepada penjual, secara otomatis penjual akan menunjukan tempe untuk bahan mendoan ini.

Ada tips dan tricknya pengolahan tempe mendoan agar tercipta kelezatan mendoan makanan khas Banyumas yang diharapkan. Pastikan gunakan tempe mendoan yang sudah jadi masa fermentasinya, dan pastikan juga tempe mendoan tidak terlalu matang agar tidak merubah rasa.

Celupkan tempe mendoan ke dalam adonan tepung berbumbu dan campuran potongan daun bawang sledri. Bumbu yang digunakan dalam adonan tepung berisi rempah seperti bawang putih, ketumbar, kemiri, dan garam yang dihaluskan.

Baca Juga:Menikmati Pesona Hutan Pinus Limpakuwus dan 9 Spot Serunya, Jangan Sampai Terlewatkan!Mengenal Kemegahan Menara Pandang Teratai Purwokerto: Destinasi Seru di Tengah Kota yang Wajib Dicoba

Setelah tempe mendoan dibaluri tepung, kemudian dimasukkan ke dalam minyak yang sudah panas.

Minyak yang digunakan harus banyak, agar saat digoreng seluruh permukaan tempe mendoan terendam di dalam minyak panas. Durasi menggoreng juga jangan terlalu lama agar menghasilkan tekstur yang mendo, tidak kering.

Teksturnya yang mendo atau setengah matang inilah yang membedakan antara tempe mendoan dengan tempe goreng pada umumnya. Mendoan sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat, dengan sambal kecap sebagai pelengkap.

Kelezatan Mendoan Makanan Khas Banyumas sebagai Warisan Budaya

Kelezatan mendoan makanan khas Banyumas yang terkenal bahkan sudah ke ranah internasional, membuat tempe mendoan diakui dan diresmi ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda (WBTb) Indonesia. Masuk dalam kategori Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional pada bulan Oktober 2021 lalu.

Mengutip dari Kompas.com, penetapan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam sidang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2021 di Jakarta.

Sudah seharusnya sebagi penerus bangsa, terus melestarikan dan mengenalkan warisan-warisan budaya Indonesia agar tetap dikenal generasi selanjutnya, bahkan di ranah Internasional. Jangan sampai warisan budaya hilang ke-eksisannya, apalagi sampai diakuisisi oleh negara lain.

Lalu tunggu apalagi, bagi kamu yang sedang berkunjung ke daerah Banyumas dan sekitarnya, jangan sampai melewatkan mencicipi kelezatan mendoan makanan khas Banyumas ini. (*)

0 Komentar