Dampak Perkembangan dari Anak yang Mengalami Speech Delay, Ketahui 5 Cara Mengatasinya

Anak yang Mengalami Speech Delay
Ilustrasi anak dan orang tua (freepik.com)
0 Komentar

5. Kurangi penggunaan gadget

Cara terakhir yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi masalah anak yang mengalami speech delay adalah dengan mengurangi screen time pada gadget.

Penggunaan gadget baik untuk menonton video maupun bermain game membuat anak hanya akan mendapatkan sebuah bentuk komunikasi satu arah.

Komunikasi satu arah ini membuat anak jadi jarang berbicara, yang mana pada akhirnya kemampuan berbahasanya tidak terasah, dia juga menjadi kurang ekspresif.

Baca Juga:Tetap Waspada! Kenali 7 Penyebab Speech Delay pada Anak, Pahami Apa Saja Tandanya5 Cara Menangani Anak yang Tantrum, Jangan Sampai Panik

Demikian hal-hal yang dapat orang tua lakukan untuk mengatasi masalah anak yang mengalami speech delay. Ini adalah penanganan mandiri yang bisa dilakukan orang tua.

Namun, apabila gejala speech delay tidak kunjung berkurang, maka ada hal lain yang perlu dilakuakan yaitu:

Melakukan pemeriksaan ke psikolog atau dokter secara rutin, melakukan terapi-terapi yang bisa menghilangkan speech delay pada anak

Tentu orang tua harus bijak dalam mengawasi perkembangan anak-anaknya, agar nanti teerhindar dari gangguan-gangguan yang menyebabkan dampak buruk untuk anak. (*)

Sumber gambar: Image by fwstudio on Freepik

0 Komentar