Persuasi bukan hanya sesuatu yang berguna bagi pemasar dan penjual. Mempelajari cara memanfaatkan teknik persuasi dalam kehidupan sehari-hari dapat membantumu menjadi negosiator yang lebih baik dan memperbesar kemungkinanmu mendapatkan apa yang kamu inginkan, apakah kamu mencoba meyakinkan anakmu untuk makan sayur atau membujuk atasanmu untuk memberimu kenaikan gaji.
Karena pengaruh sangat berguna dalam banyak aspek kehidupan sehari-hari, teknik persuasi telah dipelajari dan diamati sejak zaman kuno. Namun, baru pada awal abad ke-20, para psikolog sosial mulai mempelajari secara formal teknik persuasi canggih ini.
Teknik Persuasi Utama
Tujuan akhir dari persuasi adalah untuk meyakinkan target agar menginternalisasikan argumen persuasif dan mengadopsi sikap baru ini sebagai bagian dari sistem kepercayaan inti mereka.
Baca Juga:Proses Pembelajaran Otomatis, Pahami 5 Stimulus Mengapa Manusia Bisa Karena TerbiasaMendalami Sikap Individual Manusia, Miliki Attitude yang Lebih baik
Berikut ini hanyalah beberapa teknik persuasi yang sangat efektif. Metode lain termasuk penggunaan penghargaan, hukuman, keahlian positif atau negatif, dan banyak lainnya.
Ciptakan Kebutuhan
Salah satu teknik persuasi melibatkan penciptaan suatu kebutuhan atau daya tarik terhadap kebutuhan yang sudah ada sebelumnya. Teknik persuasi ini memenuhi kebutuhan mendasar seseorang akan perlindungan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri.
Pemasar sering menggunakan strategi ini untuk menjual produknya. Misalnya, berapa banyak iklan yang menyarankan bahwa orang perlu membeli produk tertentu agar bisa bahagia, aman, dicintai, atau dikagumi.
Menarik Kebutuhan Sosial
Teknik persuasif lain yang sangat efektif adalah dengan memenuhi kebutuhan untuk menjadi populer, bergengsi, atau serupa dengan orang lain. Iklan televisi memberikan banyak contoh persuasi jenis ini, di mana pemirsa didorong untuk membeli barang agar mereka bisa menjadi seperti orang lain atau menjadi seperti orang yang terkenal atau dihormati.
Iklan televisi merupakan sumber persuasi yang sangat besar mengingat rata-rata orang Amerika menonton antara 4,9 hingga 5,7 jam per hari.
Gunakan Kata dan Gambar yang Dimuat
Teknik persuasi juga sering kali menggunakan kata-kata dan gambar yang sarat muatan. Pengiklan sangat menyadari kekuatan kata-kata positif, itulah sebabnya banyak pengiklan menggunakan frasa seperti “Baru dan Lebih Baik” atau “Semua Alami”.