7 Nutrisi yang Sebaiknya Ada pada Menu Sarapan, Tetap Baik untuk Pembentukan Energimu di Pagi Hari

Nutrisi yang Sebaiknya Ada pada Menu Sarapan
Ilustrasi makanan (freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Sarapan itu penting untuk tubuh dan kita juga perlu memperhatikan apa saja nutrisi yang sebaiknya ada pada menu sarapan, sebab ini akan menjadi sumber energi dalam melakukan aktivitas.

Sebagian orang mungkin tidak terbiasa untuk sarapan pagi, entah tidak sempat atau memang tidak suka untuk sarapan di pagi hari.

Padahal tubuh sangat membutuhkan asupan yang cukup lho untuk dapat beraktivitas secara optimal. Tidak hanya itu, asupan yang masuk ke dalam tubuh harus mengandung nutrisi yang sehat dan seimbang.

Baca Juga:6 Manfaat Sarapan Pagi sebelum Beraktivitas, Berguna untuk Menjaga Kesehatanmu5 Kota untuk Berlibur yang Dapat Dijangkau Kereta di Pulau Jawa, Nikmati View Mempesona Sepanjang Perjalanan

Nutrisi sendiri adalah suatu zat yang dapat diperoleh dari berbagai jenis bahan pangan atau makanan. Nutirisi yang masuk ke dalam tubuh harus seimbang untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko terkena penyakit.

Adapun jika nutrisi tidak seimbang, baik kelebihan atau kekurangan atau biasa disebut malnutrisi. Kondisi ini akan menyebabkan kelainan pada beberapa fungsi organ dan pada anak-anak dapat menghambat tumbuh kembang dan bahkan terkena stanting.

Oleh karena itu, tubuh harus memenuhi takaran nutrisi yang seimbang, dimana jumlah dan jenis nutrisi yang diserap oleh tubuh akan seimbang dengan kebutuhan tubuh dalam mekasanakan aktivitas hariannya.

Kira-kira apa saja ya nutrisi yang sebaiknya ada pada menu sarapan kita sehari-hari? Yuk, ketahui penjelesannya di bawah ini.

Nutrisi yang Sebaiknya Ada pada Menu Sarapan

1. Karbohidrat

Nutrisi yang sebaiknya ada pada menu sarapan yang pertama adalah karbohidrat, karbohidrat merupakan nutrisi yang berasal dari makanan pokok kita seperti nasi putih, nasi merah, kentang, umbi-umbian, jagung dan beberapa buah-buahan.

Karbohidrat adalah salah satu zat gizi yang berfungsi untuk pembuatan energi dalam tubuh kita, dimana sumber energi ini akan mempengaruhi kerja otak.

Kebutuhan karbohidrat pada setiap orang berbeda-beda, tapi sebaiknya dalam satu porsi setidaknya terdapat 25-40% karbohidrat dalam tubuh. Angka tersebut sudah dapat memnuhi kebutuhan energi untuk beraktivitas.

Baca Juga:Dampak Perkembangan dari Anak yang Mengalami Speech Delay, Ketahui 5 Cara MengatasinyaTetap Waspada! Kenali 7 Penyebab Speech Delay pada Anak, Pahami Apa Saja Tandanya

2. Serat

Nutrisi yang sebaiknya ada pada menu sarapan yang berikutnya adalah serat. Diketahui, serat adalah zat gizi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan mirip dengan karbohidrat yang memiliki sifat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

0 Komentar