7 Nutrisi yang Sebaiknya Ada pada Menu Sarapan, Tetap Baik untuk Pembentukan Energimu di Pagi Hari

Nutrisi yang Sebaiknya Ada pada Menu Sarapan
Ilustrasi makanan (freepik.com)
0 Komentar

Mampu untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan meningkatkan bakteri baik pada usus yang dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Selain itu, serat juga baik untuk mengontrol gula darah, kolesterol, mengontrol berat badan bahkan menurunkan risiko kanker jika dikonsumsi dengan seimbang.

Adapun kita dapat memperoleh serat dari beberapa jenis buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

Baca Juga:6 Manfaat Sarapan Pagi sebelum Beraktivitas, Berguna untuk Menjaga Kesehatanmu5 Kota untuk Berlibur yang Dapat Dijangkau Kereta di Pulau Jawa, Nikmati View Mempesona Sepanjang Perjalanan

3. Protein

Berikutnya terdapat protein sebagai nutrisi yang sebaiknya ada pada menu sarapan. Protein berfungsi baik untuk menjaga bentuk, fungsi serta kerja jaringan tubuh.

Selain itu, protein juga dapat berfungsi sebagai sumber energi, diyakini dapat meningkatkan sisitem kekebalan tubuh kita dengan pembentukan antibodi dan dapat menyimpan nutrisi.

Protein dapat diperoleh dari unsur nabati seperti kedelai dan brokoli, serta unsur hewani seperti daging, telur, seafood, dan lain-lain. Konsumsi protein minimal sekitar 15-25% di pagi hari.

4. Lemak

Nutrisi yang sebaiknya ada pada menu sarapan yang selanjutnya adalah lemak, usahakan untuk mengkonsumsi lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh dapat berfungsi untuk menaikkan antibodi, menurunkan kolesterol dan menurunkan resiko serangan jantung.

5. Vitamin

Nutrisi yang sebaiknya ada pada menu sarapan yang berikutnya adalah vitamin. Sebab vitamin juga dibutuhkan menunjang kinerja tubuh dan menangkal radikal bebas.

Terdapat berbagai macam vitamin, seperti vitamin A,B,C,D,E dan K, dapat dikonsumsi dalam jumlah kecil karena tidak terlalu banyak dibutuhkan oleh tubuh, namun vitamin ini tetap penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tubuh kita.

Baca Juga:Dampak Perkembangan dari Anak yang Mengalami Speech Delay, Ketahui 5 Cara MengatasinyaTetap Waspada! Kenali 7 Penyebab Speech Delay pada Anak, Pahami Apa Saja Tandanya

6. Mineral

Nutrisi yang sebaiknya ada pada menu sarapan yang terakhir ini adalah mineral. Adapun mineral yang dapat dibutuhkan tubuh adalah kalsium, float dan zat besi. Untuk diketahui, mineral tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh, oleh karena itu kita dapat mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung mineral.

Demikian tadi nutrisi yang sebaiknya ada pada menu sarapan kita. Pastikan untuk tidak melewatkan sarapan di pagi hari ya, karena sarapan adalah sumber utama untuk pembentukan energi kita. (*)

0 Komentar