5 Tips Menghadapi Micromanager, Orang yang Memegang Kendali Berlebihan dalam Pekerjaan

Menghadapi micromanager
Menghadapi micromanager. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Seorang micromanager adalah seseorang yang bekerja dengan kendali berlebihan dan perhatian terhadap detail. Bekerja atau berinteraksi dengan mereka bisa jadi sulit karena mereka bisa mengendalikan, kritis, tidak percaya, dan bahkan menyesakkan sehingga kamu butuh panduan dalam menghadapi micromanager.

“Ada bos yang micromanager, anggota keluarga, guru, rekan kerja, dan terkadang bahkan teman atau pasangan,” kata Aimee Daramus, PsyD, psikolog klinis berlisensi.

Jika kamu hendak menghadapi micromanager, penting untuk menetapkan batasan tegas dalam komunikasimu dengan mereka, agar mereka tidak mencoba mengendalikanmu. Jika tidak, seorang micromanager dapat mencoba mengendalikan setiap detail pekerjaan atau kehidupan pribadimu, kata Dr. Daramus.

Baca Juga:6 Teknik De-Eskalasi untuk Meredakan Konflik yang Kamu HadapiKenali 4 Manfaat Sikap Tegas dalam Berkomunikasi, Penting Untuk Hubungan Sosialmu

Artikel ini menyarankan beberapa strategi yang dapat membantumu menghadapi micromanager atau menghentikan micromanaging orang lain.

Cara Menghadapi Micromanager

Dr Daramus menyarankan beberapa strategi yang dapat membantumu menghadapi micromanager.

Tetapkan Batasan yang Tegas

Jika kamu melihat seorang micromanager mencoba mengambil alih, segera tetapkan batasan yang tegas untuk menghadapi micromanager ini.

Misalnya, jika mereka sebenarnya tidak memegang kendali, jangan biarkan mereka berpura-pura seolah mereka yang memegang kendali. Perlakukan mereka dengan sopan namun tegas sama dengan orang lain.

Akan sedikit lebih sulit untuk memberi tahu atasanmu agar berhenti mengaturmu secara mikro; namun, kamu dapat melakukan percakapan secara diplomatis. Beri tahu mereka bahwa kamu mampu menangani tugas tersebut dan menghargai otonomi. Kamu dapat memberi tahu mereka bagaimana kamu berencana melakukannya dan berkomitmen untuk melakukan pembaruan secara berkala, untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

Beritahu Mereka Bagaimana Perilaku Mereka Mempengaruhimu

Jika perilaku micromanager terus berlanjut, ungkapkan bagaimana tindakan mereka berdampak padamu. Lakukan percakapan yang terbuka dan jujur untuk menghadapi micromanager, dengan tetap fokus pada bagaimana perilaku mereka memengaruhimu. Hindari memberi label atau menghakimi perilaku mereka.

Jika ini adalah hubungan pribadi, kamu dapat memberi tahu mereka bahwa kebutuhan mereka akan kendali merugikan hubunganmu dan membuatmu merasa marah, stres, frustrasi, dan diremehkan. Melihat sesuatu dari sudut pandangmu dapat membuat mereka melunakkan perilakunya.

0 Komentar